Kokoh Kuat dan Terpercaya

CSR

Tonasa Salurkan Pinjaman Modal Kerja Rp.2,230 Miliar


  • Gambar 1
  • Gambar 2.
  • Gambar 2.

Mengawali program kerja ditahun 2013, PT Semen Tonasa salurkan pinjaman dana kemitraan tahap I kepada 306 unit Usaha Kecil Menengah (UKM). Jumlah dana pinjaman yang disalurkan sebanyak Rp. 2,230 miliar. Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan dilantai VI kantor pusat PT Semen Tonasa, Desa Biringere, Pangkep, Rabu (23/1).

306 unit UKM yang diberikan pinjaman dana kemitraan tersebut diantaranya, 67 UKM di ring I dengan nilai Rp.448 juta dan 239 UKM di ring II, Rp.1,782 miliar. Dengan kategori usaha, yakni 11 UKM yang bergerak dibidang industri unit, 15 jasa, 1 pertambangan, koperasi 1 unit, perdagangan sebanyak 268, perikanan 8 dan peternakan 2 UKM.

Kepala departemen CSR dan umum PT Semen Tonasa, Ilyas Timu melaporkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk tanggungjawab sosial PT Semen Tonasa kepada masyarakat. Khususnya penguatan dibidang ekonomi, sebab dimungkinkan bahwa melalui bantuan tersebut diharapkan tingkat pendapatan perkapita masyarakat akan naik, yang berimbas pada semakin naiknya tingkat kesejahteraan masyarakat.

Sekalipun melalui kredit, tapi suku bunga yang diberikan sangatlah rendah dibandingkan dengan suku bunga perbankan (Bank) atau lembaga keuangan lainnya. Kami berharap, pinjaman modal kerja ini benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sehingga akan membawa kemakmuran bagi keluarga kita, harapnya.

Sementara Direktur Utama (Dirut) PT Semen Tonasa, Andi Unggul Attas menuturkan, sesuai RKAP 2013 untuk program kemitraan, PT Semen Tonasa menganggarkan dana sebesar Rp.18 miliar untuk membantu masyarakat yang berkeinginan memajukan usahanya. Yakni, melalui pinjaman kredit lunak, bunganya hanya 6 persen pertahun atau 0,5 persen perbulan.

Program ini salah satu kontribusi PT Semen Tonasa untuk meningkatkan/menaikkan taraf hidup masyarakat. Kita ingin membantu masyarakat disekitar pabrik mempunyai lapangan kerja. Tahun ini cukup tinggi dibanding tahun lalu yang realisasinya hanya Rp.10 miliar. Kedepan, kita harapkan usaha-usaha masyarakat ini bisa berkembang, akunya.

Ditempat yang sama, salah seorang mitra UKM binaan PT Semen Tonasa yang bergerak di jasa perbengkelan, Mansyur mengaku, bantuan pinjaman modal kerja tersebut sangat membantu dan menunjang usahanya. "Bantuan ini sangat membantu kami dalam hal penambahan modal usaha. Mudah-mudahan, bantuan ini dapat ditingkatkan lagi di masa yang akan datang," ungkapnya. (saf)





2013 Semen Tonasa Limited. All rights reserved. | Privacy | Terms | Help | Site Map | Contact Us
08001 TONASA (866272)
Hotline