BERITA

PT SEMEN TONASA SELENGGARAKAN TEMU PELANGGAN & TONASA AWARD JURNALISTIK



Pangkep (17/05), Sebagai bagian dari program layanan pelanggan, PT Semen Tonasa selenggarakan acara Temu Pelanggan yang merupakan program rutin tahunan. Acara berlangsung di Phinisi Ballroom Hotel Grand Clarion Makassar. Tahun ini, Temu Pelanggan dirangkaikan dengan acara pengumuman pemenang dan penganugerahan Tonasa Award Jurnalistik, hadir dalam acara ini Pejabat Pemerintah Provinsi, Pejabat Pemerintah Kabupaten Pangkep, distributor, Ketua PWI, asosiasi-asosiasi, perusahaan ready mix, mitra usaha pengguna Semen Tonasa serta insan pers dan mahasiswa yang merupakan peserta dari ajang Tonasa Jurnalistik Award.

Direktur Utama PT Semen Tonasa, Ir. H. A Unggul Attas, MBA dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini merupakan forum yang akan mengakomodasi ide-ide cemerlang dalam memenuhi kebutuhan pelanggan perusahaan untuk mendukung keberlangsungan bisnis perusahaan saat ini dan masa yang akan datang. Tahun 2013 perseroan menghadapi tantangan pasar yang ketat atas penetrasi pasar, produk tambahan + 2 juta ton dengan target volume jual 6,5 juta ton dan target market share perseroan secara nasional 11% dan 40,6% di Kawasan Timur Indonesia. Optimisme perusahaan atas target penjualan ini sangat tinggi, dengan pertimbangan pertumbuhan konsumsi semen nasional sebesar 10% tahun ini dan pertumbuhan ekonomi nasional yang diperkirakan lebih tinggi dari tahun lalu sejalan dengan membaiknya perekonomian dunia. Terutama pada semester II th 2013 perekonomian Indonesia diperkirakan akan tumbuh sebesar 6,3-6,8% dengan inflasi tetap terjaga sesuai dengan sasaran Bank Indonesia sebesar 4,5 ±1%. Permintaan domestik akan tetap menjadi penyumbang utama pertumbuhan ekonomi, demikian pula dengan konsumsi semen masih didominasi oleh permintaan semen domestik. Tantangan pertumbuhan ekonomi nasional atas rencana pemerintah menaikkan harga BBM subsidi tidak signifikan mempengaruhi biaya produksi dan operasional perusahaan karena perusahaan menggunakan bahan bakar utama batubara dan BBM dengan harga industri.

Peluang pasar perusahaan yang sangat menantang berada ditangan pemakai akhir produk ini yaitu pelanggan rumah tangga, pihak swasta dan proyek pemerintah. Ide, solusi, inovasi yang diharapkan dari forum pelanggan dan Jurnalistik Award ini tentunya akan sangat mendukung perseroan dalam mengembangkan program program bisnis dalam upaya untuk meningkatkan volume jual dan revenue perusahaan dan menjamin keberlanjutan pertumbuhan bisnis perseroan dimasa mendatang.

Karya tulis para junalis juga sangat diharapkan dapat mendukung perusahaan dalam menguatkan brand image produk Semen Tonasa yang kokoh, kuat dan terpercaya serta merupakan kebanggaan masyarakat Sulawesi dan Kawasan Timur Indonesia sejak tahun 1968 hingga saat ini. Direktur Utama PT Semen Tonasa menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pelanggan Semen Tonasa serta insan pers dan mahasiswa yang mengikuti ajang Tonasa Jurnalistik Award.

Pada acara ini Perseroan juga mengumumkan Pemenang Tonasa Award Jurnalistik yang terbagi kedalam 4 kategori yaitu:

Kategori Opini (Jurnalis)
  • Juara 1 diraih oleh Rusman Madjuleka dari Koran Independen dengan judul tulisan “Habis Butiran Debu Terbitlah Asa di Langit Pangkep”.
  • Juara 2 diraih oleh Dian Hendiyanto dari Harian Fajar dengan judul tulisan “Tonasa Penjaga Tradisi Medali Emas Sulsel”.
  • Juara 3 diraih oleh Rudy Amirullah dari Majalah 3 Dimensi dengan judul tulisan “Sepenggal Asa Di Semen Tonasa”.
  • Juara Harapan masing-masing diraih oleh Muh. Arafah dari Ujungpandang Ekspres dengan judul tulisan “Tonasa Butuh "Mukjizat"”, Ramah Praeska dari Harian Fajar dengan judul tulisan, “Program CSR, Antara Kepentingan Perusahaan dan Masyarakat”, Warta S Hidayat dari Berita Kota dengan judul tulisan “Semen Tonasa, 4 Dekade Membangun Sistem Sosial”.
Kategori Berita/Feature (Jurnalis)
  • Juara 1 diraih oleh Dian Muhtadiah dari Harian Fajar dengan judul tulisan, “Biringkassi, Pelabuhan yang Jadi Gerbang Distribusi Semen Hulu Packing Plant di KTI”.
  • Juara 2 diraih oleh Suwarny Dammar dari Koran SINDO dengan judul tulisan, “Semen Tonasa Si Kokoh Nan Kuat Dari Biring Ere”.
  • Juara 3 diraih oleh Suriani Mappong dari KLBN ANTARA, dengan judul tulisan “PT Semen Tonasa Menuju "Green Industry"”.
  • Juara harapan masing-masing diraih oleh Arifuddin dari Ujungpandang Ekspress dengan judul tulisan, “Usia 44 Tahun, Semen Tonasa Terus Berkarya”, Edi Sumardi dari Tribun Timur dengan judul tulisan, “44 Tahun Tonasa membangun Ikon Sulawesi Selatan”, Sulfaedar Pay dari Koran Tempo dengan judul tulisan, “Tonasa Masuk Manajemen Semen Indonesia”.
Kategori Foto (Jurnalis)
  • Juara 1 diraih oleh Yusuf Wahil dari Harian Cakrawala.
  • Juara 2 diraih oleh Yusran Ahmad Yusra dari LKBN ANTARA.
  • Juara 3 diraih oleh Paulus Tandi Bone dari Bisnis Indonesia.
  • Juara Harapan masing-masing diraih oleh Fachny Abdillah dari Ujungpandang Ekspres, Bahaudin Raja Baso dari Harian Fajar, MD Fajar dari Rakyat Sulsel.
Kategori Karya Tulis Mahasiswa
  • Juara 1 diraih oleh Titi Atirah Aminuddin dari Universitas Islam Makassar dengan judul tulisan “Semen Tonasa Menuju Keseimbangan Profit - People – Planet”.
  • Juara 2 diraih oleh Bahtiar dari UIN Alauddin Makassar, dengan judul tulisan “Hidup Tanpa Semen Tonasa”.
  • Juara 3 diraih oleh Lukman dari Universitas Negeri Makassar dengan judul tulisan, “Implementasi CSR Dalam Meningkatkan Peran Pendidikan di Tonasa”.
  • Juara Harapan masing-masing diraih oleh Mujahid Zulfadli dari Universitas Negeri Makassar dengan judul tulisan, “Semen Tonasa: Pondasi Negeri di Timur Indonesia”, Firdaus dari STAI DDI Pangkep dengan judul tulisan, “Karya Tulis Ilmiah Dari Desa Untuk Dunia ( Suatu Tinjauan Sosiologis Atas Kontribusi PBT dalam Membangun )”, Muh. Albar HD dari UIN Alauddin Makassar dengan judul tulisan “Rekonstruksi Akuntabilitas PT Semen Tonasa Di Tahun ke-44 dengan Value Added Reporting”.
Tentang PT Semen Tonasa

PT Semen Tonasa merupakan perusahaan persemenan terbesar di Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang terletak di Biring Ere Kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan dan telah berdiri sejak tahun 1968. Saat ini, PT Semen Tonasa memiliki empat unit pabrik dengan kapasitas terpasang sebesar 6.000.000 ton semen per tahun.

Komposisi pemegang saham PT Semen Tonasa terdiri dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. sebesar 99,9998% dan Koperasi Karyawan Semen Tonasa sebesar 0,0002%.

PT Semen Tonasa memproduksi semen yang dibuat dalam beberapa jenis sesuai kebutuhan pelanggan dengan merk dagang “Semen Tonasa”. Saat ini, perusahaan memperoduksi jenis PCC (Portland Composite Cement), OPC (Ordinary Portland Cement) atau tipe lain sesuai permintaan pelanggan.

Informasi lebih lanjut:
  • H.M Arifin, SH
    Sekretaris Perusahaan PT Semen Tonasa
    Telp: 0410-312345 ext. 1750
  • Ir. H.M Fajar Sidik, MM
    Kepala Biro Komunikasi PT Semen Tonasa
    Telp: 0410-312345 ext. 1117
    Website: www.sementonasa.co.id