Profil Perusahaan

BerandaProfil Perusahaan

BER-AKHLAK MENUJU KINERJA EKSELEN

Dalam rangka pencapaian strategi perusahaan, dibutuhkan nilai-nilai budaya kerja sebagai identitas, perekat, dan keseragaman
gerak langkah karyawan dan manajemen untuk mendorong kinerja secara berkelanjutan.

Alamat

Kantor Pusat PT Semen Tonasa
Jl. Tonasa 2, Biring Ere
Kab. Pangkep
Sulawesi Selatan 90651

Email : sekper.tonasa@sig.id
Telepon : (0410) 312345

 

PERUSAHAAN AFILIASI

PT Prima Karya Manunggal
PT Biringkassi Raya
PT Pelayaran Tonasa Lines
PT Toppabiring Trans Logistik
Koperasi Karyawan Semen Tonasa
Dana Pensiun Semen Tonasa
Yayasan Kesejahteraan Semen Tonasa

Umum

Sejarah berdirinya PT Semen Tonasa ditandai dengan diresmikannya proyek di tahun 1968 oleh Jenderal M. Yusuf, menteri perindustrian di masa itu. Didorong oleh komitmen pemerintah untuk meningkatkan hajat hidup orang banyak, maka didirikanlah PT Semen Tonasa di Desa Biring Ere, sebuah daerah yang terpencil namun sangat kaya dengan bahan baku semen.

PT Semen Tonasa adalah produsen semen terbesar di Kawasan Timur indonesia yang menempati lahan seluas 1.571 hektar di Desa Biring Ere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, sekitar 68 kilometer dari kota Makassar. Perseroan yang memiliki kapasitas terpasang 5.980.000 ton semen per tahun ini, mempunyai empat unit pabrik, yaitu Pabrik Tonasa II, III, IV dan V. Keempat unit pabrik tersebut menggunakan proses kering dengan kapasitas masing-masing 590.000 ton semen per tahun untuk Unit II dan III, 2.300.000 ton semen per tahun untuk unit IV serta 2.500.000 ton semen untuk unit V yang diproyeksikan mampu men-support kebutuhan semen nasional. Didukung dengan bahan baku yang berlimpah, pabrik ini diperkirakan akan terus beroperasi dan berkontribusi pada perekonomian nasional hingga beberapa puluh tahun ke depan.

Berdasarkan Anggaran Dasar, perseroan merupakan produsen semen di indonesia yang telah memproduksi serta menjual semen di dalam negeri dan mancanegara sejak tahun 1968. Proses produksi bermula dari kegiatan penambangan tanah liat dan batu kapur di kawasan tambang tanah liat dan pegunungan batu kapur sekitar pabrik, hingga pengantongan semen zak di packing plant. Proses produksi secara terus menerus dipantau oleh Unit Quality Control guna menjamin kualitas produksi.

Lokasi pabrik yang berada di Sulawesi Selatan merupakan pilihan yang strategis untuk mengisi kebutuhan semen di daerah Indonesia Bagian Timur. Dengan didukung oleh jaringan distribusi yang tersebar luas serta diperkuat oleh sembilan unit pengantongan semen yang melengkapi sarana distribusi penjualan, telah menjadikan perseroan sebagai pemasok terbesar di Kawasan Timur Indonesia. Unit pengantongan perseroan terdapat di Palu (Sulawesi Tengah), Mamuju (Sulawesi Barat), Kendari (Sulawesi Tenggara), Oba (Maluku Utara), Balikpapan (Kalimantan Timur), dan Sorong (Papua Barat) dengan kapasitas masing-masing 300.000 ton per tahun. Sementara untuk Unit Pengantongan Makassar (Sulawesi Selatan), Bitung (Sulawesi Utara), Ambon (Maluku), dan Samarinda (Kalimantan Timur), memiliki kapasitas masing-masing 600.000 ton per tahun. Sarana pendukung operasi lainnya yang berkontribusi besar terhadap pencapaian laba perusahaan adalah utilitas Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan kapasitas 2×25 MW dan 2×35 MW yang berlokasi di Desa Biringkassi, Kabupaten Pangkep, sekitar 17 km dari lokasi pabrik.

Pendapatan utama perseroan adalah hasil penjualan Semen Portland (OPC), Semen non-OPC yaitu Tipe Komposit (PCC), yang tersebar di wilayah Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Didukung dengan merek yang sudah terkenal di Kawasan Timur Indonesia, perseroan berusaha secara terus menerus mempertahankan brand image produk dengan tetap menjaga kestabilan pasokan produk di pasar. Selain itu, dukungan sistem distribusi yang optimal juga merupakan unsur kesuksesan penjualan semen. Selain itu, penjualan ekspor juga dilakukan jika terjadi kelebihan produksi setelah pemenuhan pasar dalam negeri.

Sejak 15 September 1995, perseroan terkonsolidasi dengan PT Semen indonesia (Persero) Tbk yang sebelumnya bernama PT Semen Gresik (Persero) Tbk. Lebih dari satu dekade perseroan berbenah dan berupaya keras meningkatkan nilai perseroan di mata para pemegang saham dan pemangku kepentingan. Berbagai terobosan strategi dan program kerja dalam meningkatkan kinerja perseroan secara terintegrasi terus dipacu untuk mewujudkan visi perseroan menjadi produsen semen yang paling efisien dan mempunyai keunggulan yang kompetitif di antara para produsen semen lainnya.

Perseroan juga telah menyelesaikan pembangunan pabrik semen Tonasa unit V yang beroperasi dengan kapasitas 2.500.000 ton per tahun dengan dukungan Power Plant 2×35 MW dengan pembiayaan proyek tersebut bersumber dari dana sendiri dan kredit pembiayaan sindikasi perbankan nasional.

 

Sasaran & Strategi Perusahaan

Sasaran utama perseroan adalah meningkatkan nilai perusahaan kepada para pemegang saham dan pemangku kepentingan dengan strategi yang berfokus pada kegiatan bisnis utama, yaitu menambang, memproduksi, dan memasarkan hasil produksinya untuk menjamin kelangsungan perseroan dalam jangka panjang.

Perseroan juga berkomitmen untuk mempertahankan kekuatan finansialnya dengan manajemen likuiditas yang sehat untuk memenuhi pembiayaan investasi dan pembayaran kewajiban perusahaan dan pertumbuhan cash flow secara berkelanjutan. Selain itu, perseroan terus melakukan inovasi kerja dalam operasional perusahaan. Terutama inovasi pada kegiatan-kegiatan inti produksi yang dapat menjamin kelangsungan kinerja perseroan.

 

Indikator Kinerja

Perseroan menggunakan volume produksi, penjualan, laba bersih setelah pajak, EBITDA, serta rasio keuangan sebagai indikator kunci kinerja. Perseroan dianggap berkinerja bagus jika berhasil melampaui target produksi dan penjualan maupun laba bersih serta EBITDA. Jika perseroan melakukan investasi baru, IRR minimum merupakan target pengembalian yang diinginkan.

 

Sumber Pendapatan Perseroan

Sumber pendapatan Perseroan yang besar berasal dari hasil penjualan semen dalam negeri, khususnya di Kawasan Timur indonesia. Konsumsi semen nasional yang tinggi telah memberikan keuntungan harga yang kompetitif bagi produsen semen nasional. Oleh karena itu, pasar semen dalam negeri tetap merupakan pasar utama yang potensial untuk memperoleh keuntungan yang optimal. Mengingat tantangan yang semakin meningkat ke depan, perseroan tidaklah terlena menikmati kondisi tersebut. Dengan penuh kesadaran, manajemen senantiasa melakukan berbagai strategi alternatif terbaik yang dapat meningkatkan kinerja dengan efisiensi operasional yang optimal dan strategi keuangan yang kuat.

 

Konsumen & Pasar

Perseroan berupaya meningkatkan loyalitas pelanggan di daerah pasar dengan berbagai langkah. menjalin kerjasama yang baik dengan para distributor sebagai mediator bisnis serta turut serta dalam pembangunan berbagai proyek infrastruktur merupakan upaya yang dilakukan oleh perseroan untuk terus mengembangkan pangsa pasar.

Testimonial

PT Semen Tonasa telah berkontribusi aktif dalam perkembangan Kotamadya Makassar sehingga penataan kota menjadi lebih rapi teratur, bersih, dengan fasilitas infrastruktur yang dapat diandalkan dan terdepan di antara kota-kota besar di Indonesia.

M. Iqbal Samad Suhaeb – Pj. Walikota Makassar 2019-2020

Sebagai masyarakat Pangkep dan orang di Pemerintah, menurut saya Manajemen Semen Tonasa saat ini sangat baik, dan untuk ke depan bisa lebih ditingkatkan lagi. Harapan saya, ada perbedaan antara Semen Tonasa dengan semen-semen lainnya.

Syamsuddin A. Hamid Batara – Bupati Pangkep

Saya mengagumi kontribusi sosial perusahaan yang sangat terasa oleh masyarakat sekitar. Sehingga masyarakat sekitar dapat merasakan kepedulian yang tinggi dari perseroan dalam mendukung kegiatan bermasyarakat.

H. Muh. Yusran Lalogau – Ketua DPRD Kab. Pangkep

Dari testimoni teman-teman REI, di antara semua merek semen, Semen Tonasa yg paling enak diolah dan digunakan. Mudah-mudahan ke depan tonasa lebih membenahi diri, dalam hal efisiensi produksi sehingga harga bisa lebih bersaing di pasar.

M. Shadiq – Ketua DPD REI Sulawesi Selatan

PT Sementonasa

PT Semen Tonasa

Biring Ere, Kec. Bungoro, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan 90651

© 2021 Semen Tonasa Limited. All rights reserved