350 Tahun lamanya Indonesia berada di bawah bayang-bayang kolonialisme. Tak bisa dilukiskan betapa menderita dan sengsaranya rakyat Indonesia di bawah belenggu penjajahan. Jiwa Patriotisme membahana diseantero bumi Pertiwi membela kemerdekaan harkat dan martabat bangsa tak peduli banyak cobaan dan rintangan dihadapi. Meski harus mempertaruhkan nyawa, para pejuang kemerdekaan tidak pernah lelah apalagi menyerah. Kemerdekaan tidak didapatkan dengan secarik kertas tapi dilalui dengan perjuangan yang panjang. Bukan hanya merdeka dari penjajahan tetapi merdeka atas jiwa yang terbelenggu. 

Perayaan Hari Kemerdekaan membawa ingatan kita pada perjuangan para pendiri bangsa ini. Dari semangat dan tekat perjuangan yang mereka kobarkan, Indonesia menjadi negara yang merdeka. Kisah perjuangan para pahlawan adalah pelajaran penting untuk kita renungkan. Untuk mengisi hari dengan hal-hal berarti menyongsong masa depan yang lebih baik.

Pada peringatan Hari Kemerdekaan ke-75, bangsa ini sedang berjuang melawan virus corona baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan COVID-19. Banyak pejuang medis yang gugur dalam mengemban tugas menangani pasien. Pengabdian para pejuang kesehatan ini terus berlanjut. Hingga bangsa yang besar ini benar-benar bebas dari belenggu virus corona. Agar hidup kita kembali nornal dan menyongsong masa depan yang lebih cerah.

Kiprah Semen Tonasa dalam melanjutkan estafet perjuangan para pahlawan di era pembangunan terus dikibarkan. Semangat membangun negeri tak lepas dari semangat nasionalisme para pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raganya mempertahankan Bumi Pertiwi. Jejak para pahlawan perjuangan dan pahlawan pembangunan masih melekat kuat dalam semangat Putra Putri terbaik bangsa untuk menorehkan catatan sejarah perjalanan pembangunan Indonesia.

Wujud nyata melanjutkan estafet perjuangan bangsa dalam pembangunan dengan menghasilkan karya terbaik hingga ke pelosok negeri. Maha Karya anak bangsa terbentang dari Sabang sampai Merauke sebagai wujud kontribusi PT Semen Tonasa membangun negeri.

PT Semen Tonasa terlibat langsung dalam proses pembangunan nasional dengan produktivitas yang maksimal, jaminan kualitas produk juga senantiasa memperhatikan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Pengembangan di segala bidang terus ditingkatkan sebagai bakti korporasi dan seluruh karyawan PT Semen Tonasa kepada negeri tercinta, tutur Kepala Biro Humas, Andi Said Chalik, (Humas ST)