Tim Revitalisasi Tonasa 1 melakukan kunjungan ke kedutaan besar slovakia dalam rangka untuk mempromosikan kegiatan Tonasa Heritage yaitu menjadikan area pabrik Tonasa 1 sebagai kawasan cagar budaya dan menghidupkan kembali kawasan Tonasa 1, Jum’at, 18 Mei 2018. Kedutaan besar slovakia dalam hal ini Kepala Biro Ekonomi Mr. Igor Melisek menyambut baik kunjungan dari Tim PT Semen Tonasa yang dipimpin langsung oleh Direktur Keuangan & SDM Bapak Bambang Eko Prasetyo didampingi oleh GM Humas dan Hukum Bpk Ferry Jufri, SM Public Relation Bpk Said Chalik, SM Procurement Planning Bpk Ade Meiriyadi, SM of Finance Bpk Rendi Triharyo Laksono, Manager audit operasional Bpk Rendra Jakadilaga, Mgr of Jakarta Representative Ibu Widjiastuti, dan Direktur Utama PT Semen Tonasa periode 1968 – 1972 Bapak Sudaryanto yang juga merupakan project leader pembangunan pabrik tonasa 1 tahun 1962-1968

Diskusi yang dilakukan selama kunjungan tersebut berlangsung dalam suasana kekeluargaan dan masing-masing pihak berharap program ini dapat berjalan dengan baik di masa yang akan datang. Mr Igor Melisek dalam diskusi tersebut menyampaikan bahwa topografi kawasan tonasa 1 memiliki kemiripan dengan kawasan di slovakia.

Delegasi Semen Tonasa berharap Kedutaan Besar Slovakia dapat berkontribusi dalam pengembangan Tonasa Heritage mengingat proyek pembangunan pabrik Tonasa 1 merupakan bagian dari sejarah hubungan masa lalu antara Indonesia dan Slovakia (dulu cekoslovakia), atas permohonan tersebut Mr Igor Melisek menyampaikan akan meneruskan pemohonan tersebut kepada pihak yang berwenang di Slovakia.