Tim gabungan DEN 81 Satuan PASUS TA 2017 melakukan latihan gabungan TNI penanggulangan teror (pembebasan sandra) di Kantor Pusat PT Semen Tonasa, Jumat 15 Desember 2017.

Latihan ini dimulai dengan melaksanakan infiltrasi lewat udara dengan terjun bebas oleh sebelas anggota yang dipimpin oleh Kapt. Inf. Petrus dan langsung melaksanakan pengamanan sektor area infiltrasi.

Selanjutnya tim yang terdiri gabungan GULTOR DEN 81 bergerak melakukan penyerbuan ke lantai 4 kantor Pusat PT Semen Tonasa untuk membebaskan tawanan. Dalam skenarionya, tim ini berhasil melumpuhkan sasaran 7 teroris dan menyelamatkan 4 orang sandra, di antaranya adalah Dirut PT Semen Tonasa beserta 3 orang Staf karyawan.

Sehari sebelumnya, As Ops Panglima TNI Mayor Jend. TNI Lodewik Pusung berkunjung ke Kantor Pusat PT Semen Tonasa untuk melihat langsung kesiapan latihan ini, bersama dengan Marsda TNI T. Seto Purnomo (Dankorpaskhas), Brigjen TNI Ricard Tampubolon (Wadanjen Kopassus), Kolonel Pas Wisnu (Asops Paskhas), Kolonel Inf Tandyo Budi R,. S.Sos (Paban III/Latga Sops TNI), beserta rombongan lainnya.

Rombongan ini disambut oleh Staf Ahli Dirut PT. Semen Tonasa H. Muh. Arifin, SH beserta dengan Staf Pimpinan lainnya, Letkol Kav Budi Medina, S.H (Dandim 1421/Pangkep), Mayor Inf Jen Yusuf (Kasdim 1421/Pangkep), Mayor Inf Subandi (Kasilat Kopassus), Para Pasi Kodim 1421/Pangkep, dan Danramil 1421-02/Minasatene Kapten Inf Nurdin.