Salah satu cara untuk meningkatkan pemasaran produk adalah dengan membekali pengetahuan setiap sales force, karena sales force inilah sebagai penentu atau ujung tombak dalam organisasi pemasaran. Untuk itulah pelatihan dan sharing knowledge sales force diadakan di Diklat PT. Semen Tonasa Jum”at, 27 Maret 2015 yang diikuti oleh 25 Sales Force yang tersebar di Wilayah Sulawesi Selatan.

Kepala Biro Pembelajaran PT. Semen Tonasa Dr. Rego Devilla dalam sambutannya mengatakan bahwa, “Kompetitor sudah sangat lincah sekarang, tapi kita harus lebih lincah lagi dibanding kompetitor tersebut, karena kita adalah pengendali pasar di wilayah timur Indonesia, dan kita berharap banyak pada sales force agar diklat ini betul-betul mampu memberi apresiasi sehingga pejualan kita dari tahun ke tahun bisa lebih meningkat”.

Dalam koridor yang sama, Kepala Biro Perencanaan dan Analisa Pasar, A. Chaeruddin juga mengatakan “dengan diklat ini diharapkan dapat meningkatkan skill keterampilan serta pembekalan pada sales force yang ada di pasar PT. Semen Tonasa, terutama yang ada di wilayah Sulsel”.  Menurutnya sales force adalah ujung tombak dan juga merupakan adalan kami dalam melakukan penetrasi serta memelihara pasar utamanya di Sulsel.

Direktur Keuangan PT. Semen Tonasa Subhan, SE., Ak.MM. yang membuka diklat ini juga menyarankan kepada peserta diklat bahwa “sebagai sales force haruslah memiliki militansi yang kuat dan semangat yang tinggi, apalagi persaingan saat ini semakin tajam, untuk itulah kita harus lebih baik, seperti yang dilihat banyak sekali pemain baru dalam industri semen yang akan menjadi saingan kita” ujarnya.

Pria kelahiran Bone ini juga menambahkan “tenaga sales force menjadi tumpuan informasi tentang bagaimana dinamika di pasar, baik dari sisi harga, distribusi, maupun laporan posisi stok di market, dengan cara seperti inilah sehingga kita siap menghadapi persaingan yang ketat di masa yang akan datang” jelasnya.

Diklat ini berlangsung selama dua hari, yaitu 27-28 Maret 2015 dengan pemateri yang berasal dari internal perusahaan maupun luar, dengan Materi Pengenalan Tentang PT. Semen Tonasa (Humas), Pengantar Marketing (PAP) Sistem Penjualan Semen Tonasa (Penjualan), Manajemen Pengelolaan Distribusi Sales Force (Ketua Kopkar, Dirut PKM) Sharing Knowledge (Coca-Cola) Dan Pengenalan Produk Semen (QA). Selanjutnya mengadakan plant visit ke Pabrik Unit 2, 3, 4 dan 5, serta ke Pelabuhan Biringkassi. (Humas.st/jr&why)