Dalam rangka memperingati Bulan K3, PT Semen Tonasa melakukan kegiatan penanaman 1000 bibit pohon. Penanaman pohon ini dilakukan di Power Plant, Pelabuhan Biringkassi, Jalan Kapten Laut, Desa Bulu Cindea, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Senin (11/02).

Penanaman 1000 pohon dilakukan langsung Dirut PT Semen Tonasa, Subhan yang dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulsel Agustinus Appang, Direktur Lembaga Profesi dan Tehnik Manajemen H. Baharuddin Abidin serta Pimpinan perusahaan BUMN yang ada di Sulawesi Selatan.

Subhan mengaku jika K3 saat ini menjadi perhatian khusus seluruh perusahaan, terlebih perusahaan BUMN seperti PT Semen Tonasa, karena saat ini K3 merupakan syarat sebuah kelanjutan perusahaan untuk terus bertahan.

“Isu lingkungan dan K3 menjadi isu sentral, perusahaan yang bisa terus bertahan adalah perusahaan yang peduli K3 dan lingkungan, seperti apa yang di lakukan perusahaan kami,” ujarnya.

Semen Tonasa sendiri percaya dari tahun ke tahun akan terus memperlihatkan kepekaannya terhadap lingkungan, lantaran perusahaan industri semen yang kini genap setengah abad tersebut memiliki perencanaan matang terhadap peremajaan lingkungan.

“Selama setahun Semen Tonasa mampu menunjukan progres lingkungan yang baik, karena kita sudah memiliki peta penanaman pohon, mulai dari lokasi hingga jenis pohon yang akan ditanam di lokasi yang sudah ditentukan,” tambahnya.

Dia berharap seluruh karyawan peduli akan K3 dan lingkungan, karena hal tersebut merupakan syarat dan berdampak pada kenaikan gaji karyawan, sebab menjadi indikator penilaian dari Key Performance Indicator (KPI).

Terpisah, Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulsel, Agustinus Appang meminta agar seluruh perusahaan, khususnya PT Semen Tonasa bisa menjadi wadah dalam mendorong keterlibatan karyawan, dan secara umum masyarakat untuk memprioritaskan K3.

“Bagaimana bulan K3 ini menjadi momentum dan ikut mendorong partisipasi masyarakat, karena seluruh aspek kehidupan kita, terkait elemen K3, sehingga itu penting untuk menjadi prioritas,” ujar Agustinus.

Agustinus berharap bulan K3 menjadi sebuah hukum dan kebudayaan, sehingga kedepan K3 ini tidak harus dikenali di dunia kerja, melainkan sudah bisa ditanamkan pendidikannya sejak dini.

Ketua Panitia Bulan K3 PT Semen Tonasa James Pinem mengatakan bahwa dari 1000 jenis bibit pohon yang ditanam kali ini, terdiri dari lima jenis pohon, yakni Bitti, Sengon, Trembesi, Dawet dan Ketapang. Tidak hanya bibit pohon, peringatan bulan K3 PT Semen Tonasa juga menggelar donor darah, yang berhasil mengumpulkan 211 kantong darah, urainya.