PT Semen Tonasa sebagai Operation Company dari PT Semen Indonesia, menggelar pelatihan bagi para pekerja bangunan di Rantepao, Kabupaten Toraja Utara (Torut), Jumat (25/11/2022).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh PT Semen Tonasa, PT Semen Indonesia dan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Makassar serta distributor Luwu Tongkonan Utama ini, menghadirkan kurang lebih 50 orang pekerja bangunan bertempat di Ruang Meeting VIP Penyet Ria Rantepao – Toraja Utara.

Turut hadir pada Kegiatan pelatihan pekerja bangunan ini, Ka. Unit Sales of Sulawesi Akram Bunyamin, Manager Sales Area Sulawesi Barat Ahmad Asnawi serta Edwin Gosal Direktur Keuangan Distributor PT. Luwu Tongkonan Utama.

General Manager Retail Sales Region V PT Semen Indonesia, Mohammad Faisal Stany mengatakan, pelatihan pekerja bangunan tersebut dimaksudkan untuk menyiapkan tenaga kerja khususnya dibidang yang berdaya saing, kompeten, handal, dan tersertifikasi. “Jadi ini kita edukasi tukangnya agar menghasilkan bangunan yang berkualitas,” ujarnya usai membuka pelatihan.

Menurut Faisal, untuk menghasilkan suatu bangunan yang memenuhi standar dan berkualitas dibutuhkan keahlian dari pekerja konstruksi. Olehnya itu, pihaknya berupaya mengedukasi para pekerja melalui pelatihan pekerja bangunan seperti yang kita laksanakan hari ini.

“Karena kualitas bangunan itu tergantung pekerjaan konstruksinya. Walaupun semennya bagus, kalau kerjanya tak sesuai ketentuan, maka hasilnya juga tidak maksimal,” terangnya.

Hal senada dikemukakan General Manager Komunikasi dan Hukum PT Semen Tonasa Andi Muhammad Said Chalik saat dimintai keterangan terkait kegiatan ini, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat baik untuk para pekerja bangunan, dimana dapat meningkatkan softskill maupun hardskill para pekerja bangunan, apalagi saat ini memang dibutuhkan tenaga-tenaga yang terampil dibidangnya.

“Sehingga setelah kegiatan ini, para pekerja bangunan utamanya tukang dan buruh, diharapkan dapat bekerja lebih profesional dan lebih baik lagi,” ucapnya.

Sementara itu, Yusuf Oba beralamat di Mengkendek, salah seorang peserta pelatihan pekerja bangunan, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Semen Tonasa tersebut.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi saya secara pribadi, dimana dapat meningkatkan keahlian dan keterampilan saya dan teman-teman para pekerja bangunan. “Semoga kegiatan pelatihan seperti ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan di Toraja Utara,”harapnya.