Pantai losari makassar menjadi tempat penyelenggaraan kejuaraan renang bertajuk” Semen Tonasa Open Water Swimming Championship yang dihelat oleh Pengda PRSI Sulawesi-Selatan dalam rangka ulang tahun PT. Semen Tonasa ke 47 dan HUT Kotamadya Makassar yang ke 408 tahun yang pelaksanaannya berlangsung pada hari Minggu 1 November 2015.

Kejuaran ini diikuti sekitar 250 peserta yang terbagi dalam tujuh kategori lomba, diantaranya kelas anak-anak, pelajar putra dan putri, TNI-Polri dan lomba renang rakyat dengan jarak lomba masing-masing 600 meter dan 800 meter.  Adapun kategori paling bergengsi dan paling menyita perhatian adalah dikategori 10 kilometer yang pesertanya merupakan atlet PON hingga atlet Sea Games.

Lomba dibuka oleh Ketua Pengda PRSI Sulawesi Selatan, Ir. H. Andi Unggul Attas, MBA yang sehari-harinya juga menjabat sebagai Direktur Utama PT. Semen Tonasa yang didampingi oleh para pengurus daerah dan Pusat serta dihadiri oleh para undangan dengan peserta lomba berasal dari Tujuh daerah di tanah air yakni JawaTimur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Papua dan tuan rumah Sulawesi Selatan, serta dari luar negeri yakni Thailand dengan mengirim Enam atlet.

Menurut Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sulsel Andi Unggul Attas, kegiatan ini merupakan kalender prsi sulsel yang sesuai dengan amanat Ketua UmumPRSI pusat untuk memajukan olahraga aquatic berupa renang terbuka dan berharap ke depannya kejuaraan ini terus berkembang.

Lebih lanjut Direktur Utama PT. Semen Tonasa ini menjelaskan bahwa kejuaraan renang Open Water ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan di kota Makassar dan mengharapkan bahwa kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut serta menjadi olahraga yang disenangi masyarakat. Kejuaraan ini turut menyita perhatian masyarakat kota Makassar ini terlihat dari antusias warga yang menyaksikan kegiatan ini dari atas anjungan pantai losari, imbuhnya.

Keluar sebagai juara pada kategori lomba 10 Km Putra adalah Juara 1 diraih oleh Fadlan Prawira (Jabar), Juara 2 diraih oleh Ricky Anggawijaya (Jabar) danJuara 3 diraih oleh Gavin Akbar (DKI jaya, sementara untuk kategori Putri juara pertama adalah perenang atas nama Reza Kania Dewi (Jatim), disusul urutan kedua Benjamapon Sangkawat (Thailand) dan peringkat ketiga Yessy Yosa Putra (Jabar). (Humas.st/Saf)