Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) merupakan salah satu upaya Kementerian Negara Lingkungan Hidup untuk mendorong penaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui instrumen informasi. Dilakukan melalui berbagai kegiatan yang diarahkan untuk mendorong perusahaan untuk menaati peraturan perundang-undangan melalui insentif dan disinsentifreputasi, dan mendorong perusahaan yang sudah baik kinerja lingkungannya untuk menerapkan produksi bersih (cleaner production).

Sebagai bukti ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan, PT Semen Tonasa kembali meraih Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Sertifikat Proper Hijau tersebut diserahkan Menteri KLHK, Siti Nurbaya Bakar kepada Direktur Utama (Dirut) PT Semen Tonasa, H. Subhan, SE,MM,Ak, Rabu (08/01/2020) bertempat di Istana Wakil Kepresidenan Republik Indonesia.

Dirut PT Semen Tonasa, Subhan,SE sangat bersyukur atas apa yang diraih oleh perusahaan. Ini sudah kewajiban PT Semen Tonasa untuk menjaga lingkungan agar kualitas lingkungan tetap terjaga dengan baik. “Artinya, produksi dapat tetap berlangsung lancar dan hubungan dengan masyarakat sekitar tetap baik. Ini merupakan komitmen PT Semen Tonasa,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, dengan meraih Proper Hijau itu berarti PT Semen Tonasa telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan (beyond compliance) melalui pelaksanaan sistem pengelolaan lingkungan, pemanfaatan sumber daya secara efisien melalui upaya 4R (Reduce, Reuse, Recycle, dan Recovery), dan melakukan upaya tanggungjawab sosial (CSR/Comdev) yang baik. “Yang kami jaga bahwa lingkungan tetap hijau, masyarakat hidup dalam lingkungan dan kesejahteraan yang lebih baik,” katanya.

Subhan menambahkan, sesuai dengan visi dan misinya, PT Semen Tonasa selalu berkomitmen untuk memperhatikan lingkungan. Dimana, penerapan Proper oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sangat sejalan dengan visi Semen Tonasa. “Keberhasilan PT Semen Tonasa meraih Proper Hijau merupakan kerja keras semua jajarannya, tidak terlepas dari dukungan masyarakat dan seluruh stakeholder,” ujarnya. (Humas.st/Saf)