Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan hal utama di lingkungan kerja. Setiap tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja harus terjamin keselamatan dan kesehatannya.

Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Selatan (Disnaker) kembali menggelar Anugerah Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Kegiatan ini dirangkaikan dengan Upacara Bulan K3 Nasional di Halaman Kantor PT PLN UIP Sulselbar, Jalan Hertasning Makassar, Rabu 12 Februari 2020.

PT Semen Tonasa untuk tahun berhasil meraih 3 penghargaan atas implementasinya menerapkan sistem K3 dalam perusahaannya. Penghargaan tersebut yakni, Penghargaan SMK3 Hasil Pencapaian 87,95% Kategori Tingkat Lanjutan, Kinerja Panitia Pembina Keselamatan & Kesehatan Kerja (P2K3), dan Kinerja K3 Kategori Baik. Penghargaan yang diserahkan oleh Gubernur Sulsel, Prof. Nurdin Abdullah itu diterima langsung oleh Kepala Unit K3LH PT Semen Tonasa James Pinem

Kepala Biro Humas Semen Tonasa Said Chalik sangat mengapreasi atas pencapaian perusahaan atas penghargaan ini. K3 di tempat kerja bukan hanya penting dari sisi pekerja saja, tetapi juga penting bagi sisi perusahaan, di mana akan memberikan dampak kepada perusahaan. Salah satu upaya peningkatan kualitas K3 di lingkungan kerja adalah dengan terus membudayakan K3 dan kerjasama semua pihak dalam menyelenggarakan Sistem Manajemen K3 dengan konsisten oleh semua pihak, urainya.

Said mengaku jika K3 saat ini menjadi perhatian khusus seluruh perusahaan, terlebih perusahaan BUMN seperti PT Semen Tonasa, karena saat ini K3 merupakan syarat sebuah kelanjutan perusahaan untuk terus bertahan, tambahnya.

Sementara Kepala Unit K3LH Semen Tonasa James Pinem mengatakan

Penghargaan K3 ini bertujuan memotivasi perusahaan dan pekerja untuk mengimplementasikan K3 dengan lebih baik dalam lingkup kerjanya.

Dia berharap, budaya K3 bisa diimplementasikan di setiap proses bisnis perusahaan dengan mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja menuju perusahaan yang unggul disegala bidang.

Tema Bulan Bakti Nasional Tahun 2020 Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi sedangkan untuk Provinsi Sulawesi Selatan yakni