Dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 73 Tahun 2018, PT Semen Indonesia (SI) bersama PT Industri Kapal Indonesia (IKI), PT Kawasan Industri Makassar (KIMA) menggelar kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri, dilapangan Kecamatan Bontoramba, Jumat (17/8/2018).

Dalam kesempatan tersebut hadir Staf Ahli Deputy Kementerian BUMN Eko Setiawan. Direktur Utama Semen Indonesia Hendi Priyo Santoso dan Direktur Proyek Semen Indonesia Tri Abdisatrijo serta GM CSR Semen Indonesia Wahyudi Heru bersama jajarannya, Direktur Utama PT Kima dan Direktur Keuangan PT Industri Kapal Indonesia.

Sementara dari Semen Tonasa hadir Direktur Utama Subhan, SE bersama Ferry Djufry (GM Humas dan Hukum), Said Chalik (Karo Humas) dan Ilyas HM (Karo CSR).

Bertindak selaku inspektur upacara yakni Direktur Utama Semen Tonasa Subhan, sedangkan komandan upacara yakni Kapten Inf Kaharuddin (Danramil Tamalatea). Sedangkan pembacaan teks proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dipercayakan kepada Anggota DPRD Jeneponto H. Salinringi dari Politisi PDI Perjuangan.

Bantuan yang dikucurkan oleh BUMN untuk Kabupaten Jeneponto tahun ini pada Program BUMN Hadir untuk Negeri yakni pemberdayaan masyarakat sebanyak 20 orang, Padat Karya Tunai sebanyak 300 orang, pembangunan sarana dan prasarana umum 1 unit, pasar murah 250 paket, pengadaan sarana air bersih 2 unit, elektrifikasi dan MCK 50 rumah dan pintu, dan bedah rumah karyawan dan masyarakat sebanyak 3 rumah.

Bantuan lainnya untuk sektor pendidikan yakni bea siswa SMA, SMP dan SD, rumah taman baca 1 unit dan perbaikan atau penyediaan sarana dan prasarana sekolah.

Direktur Semen Indonesia Hendi Priyo Santoso mengungkapkan kegiatan program BUMN Hadir Untuk Negeri di Kabupaten Jeneponto ini merupakan wujud perhatian dan kepedulian Kementerian BUMN dan BUMN yang dibina di bawahnya, dimana BUMN tidak mempunyai tugas di bidang usaha saja namun mempunyai tugas penting untuk mensejahterakan masyarakat di sekitar lingkungan wilayah kerjanya. “Mudah mudahan bantuan dari BMUN ini dapat mensejahterakan masyarakat kabupaten Jeneponto”, ujarnya.

“Ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian Bahwa masyarakat adalah bagian yang tak terpisahkan dari pemerintahan maupun dari BUMN, serta kita harus ketahui masyarakat merupakan bagian yang kita harus layani baik itu dari pemerintahan maupun dari Kementerian BUMN,”.

Sementara Direktur Utama Semen Tonasa Subhan, SE menambahkan bahwa dalam setiap aksinya, BUMN juga turut membangun kesejahteraan masyarakat kecil dan menengah melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Khusus PKBL, BUMN ditugaskan secara khusus untuk turut membangun pertumbuhan ekonomi masyarakat menengah ke bawah baik melalui pendanaan, pelatihan-pelatihan dan pemasaran produk mitra binaan. BUMN juga membantu menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat antara lain jalan, jembatan, sarana pendidikan, sarana ibadah dan sejenisnya, urainya.

Di tempat yang sama Bupati Jeneponto yang di wakili Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Jeneponto Nur Alam menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas bantuan BUMN terhadap masyarakat Jeneponto.

Nur Alam mengatakan kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Jeneponto ini merupakan hadiah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indoneaia Ke 73. “Saya berharap kedepan program BUMN Hadir Untuk Negeri terus digalakkan dan Jeneponto terus mendapat perhatian dari BUMN”, tandasnya. (Humas.st/Saf)