Guru memegang peranan penting dalam dunia pendidikan, bahkan baik buruknya suatu negara tergantung dunia pendidikan pada negara tersebut, karena melalui gurulah melahirkan SDM yang baik sehingga menciptakan pula generasi-generasi penerus bangsa. Untuk itu guru haruslah memiliki kompetensi profesionalisme yang tinggi. Salah satu upaya CSR Semen Tonasa dalam kepeduliannya terhadap dunia pendidikan adalah dengan melakukan program pengembangan profesionalisme guru bekerja sama Putera Sampoerna Foundation, digelar pada Selasa, 8 September 2015, di gedung diklat PT. Semen Tonasa, dihadiri oleh Dirkeu PT. Semen Tonasa Subhan, SE.Ak, MM, Direktur Putera Sampoerna Foundation Ben Suadi, Kepala Diknas Pemuda dan Olahraga Kab. Pangkep Drs. H. M. Ridwan, Mpd, Kepala Departemen CSR dan Umum Ferry Djufry, SE, Ketua YKST Bachtiar Saleh.

Program ini mengimplementasikan kepada 30 guru dan kepala sekolah dari SLTP di Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan, yang terdiri dari SMP Semen Tonasa I, SMP Semen Tonasa II, SMP Negeri 1 Bungoro, SMP Negeri 2 Bungoro, SMP Negeri 3 Minasatene, dan MtsN Ma’rang.

Dalam laporannya, Kepala Departemen CSR dan Umum Ferry Djufry, SE mengatakan bahwa, “ini adalah yang kedua kalinya kami melakukan pengembangan profesionalisme guru bekerja sama dengan Sampoerna Foundation yang pertama adalah pesertanya guru SLTA, dan sekarang ini pesertanya terdiri dari guru SLTP di Kab. Pangkep,” ungkapnya.

“Program ini kami bagi menjadi tiga tahap, yakni lokakarya mengenai Paradigma Mengajar dan Manajemen Kelas, yang mencakup Perubahan Paradigma, Pendidikan abad 21, Manajemen Kelas Psikologis dan Fisik, lokakarya mengenai PAKEM 1 yang mencakup 5 Pembelajaran kooperatif, Taksonomi Bloom, Keterampilan bertanya, dan Perancangan RPP, dan lokakarya mengenai Penilaian (Assesment), yang mencakup siklus pembelajaran, jenis penilaian, dan pengembangan penilaian,” lanjut Ferry menjelaskan.

Ferry Djufry juga berharap agar dengan kegiatan ini kita dapat meningkatkan perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia melalui peran dari tenaga pengajar dengan hasil yang optimal.

Senada dengan itu, Direktur Keuangan PT. Semen Tonasa Subhan, SE.Ak, MM. Yang membuka kegiatan ini menjelaskan bahwa, “Kita selalu peduli dan memberikan support kepada dunia pendidikan, karena dunia pendidikan amat penting dalam menciptakan generasi yang baik, yang tentunya dibarengi dengan etika yang baik pula, olehnya itu melalui diklat ini, kami berharap guru-guru kita bisa lebih profesional dibidangnya, mampu mengetahui paradigma belajar mengajar yang baik sehingga menciptakan anak didik yang kita harapkan,” urainya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Kepala Diknas Pemuda dan Olahraga Kab. Pangkep Drs. H. M. Ridwan, Mpd, dan memberikan apresiasi kepada PT. Semen Tonasa atas kepeduliannya terhadap pengembangan profesionalisme guru yang ada di kab. Pangkep .“Kegiatan ini benar-benar membantu pemerintahan Pangkep dalam rangka memperbaiki kualitas guru pengajar yang tentunya akan menghasilkan anak didik yang baik dan beretika,” Ridwan menambahkan. (Humas.st/Why&Jr)