PT. Semen Tonasa menggelar buka puasa bersama dengan para distributor sebagai sarana  mempererat silaturahmi , di Hotel Clarion Makassar, Jumat (10/7), hal ini juga sebagai upaya agar dapat menggenjot distribusi produksi semen sehingga mampu  meningkatkan penjualan.

Direktur Komersial PT Semen Tonasa Tri Abdisatrijo, mengatakan, acara tersebut merupakan silaturahmi manajemen dengan para distributor guna meningkatkan penjualan produksi. “Kita harapkan, semoga bulan ini distributor tetap masuk gudang, khususnya yang ada di Sulsel,  setiap hari kita produksi 20 ribu ton, kalau distributor tidak masuk gudang, maka silo (tempat penampungan semen) tidak akan mampu menampung semuanya,” imbuhnya. Selain itu, Tri mengaku semester pertama 2015 demand mengalami penurunan baik secara nasional maupun untuk kawasan timur Indonesia.

“Ini karena memang ada perlambatan ekonomi, kemudian program pembangunan infrastruktur pemerintah belum berjalan, inilah yang tidak kita perkirakan akhir 2014 lalu, dimana kami prediksi demand pada semester pertama 2015 akan tumbuh 5-6%. Tetapi kenyataannya turun. Semua industri mengalami penurunan yang sama,” ujarnya menambahakan.

Disamping itu, sebagai antisipasi kedepan pihaknya akan melakukan penguatan jalur distribusi. “Dalam kondisi begini harus ada penguatan dan pembinaan serta memenuhi kebutuhan pasar, keinginannya seperti apa,” jelasnya.

Kendati ada penurunan demand, tetapi secara market share pada semester pertama tumbuh 0,2% khusus di KTI. “Sekarang antisipasinya sudah kita rencanakan, kita berharap proyek pemerintah bisa cepat jalan supaya bisa mendorong perekonomian kita,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu”mang, yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, perlambatan perekonomian selama semester pertama 2015 ini terjadi secara nasional, dan pasti akan berdampak pada sektor investasi khususnya industri. “Kita berharap semua proyek infrastruktur pemerintah bisa terkejar realisasinya, sehingga bisa membuat perekonomian kembali berputar normal,” tuturnya.

Dalam Safari Ramadan PT Semen Tonasa yang bertema “Kokohkan Iman, Tingkatkan Semangat, Raih Kemenangan” ini tampil membawakan Kultum adalah ustad Dr Arfah Sidik MA. Dalam kultumnya, ustad Arfah berpesan, agar umat Islam tetap menjaga hubungan tali silaturahmi. Terutama, dibulan suci ramadan ini.

“Jika sebuah perusahaan tidak bisa membangun jaringan, sulit untuk berkembang. Islam juga mengajarkan itu, untuk selalu menjaga hubungan dengan Allah SWT maupun sesama manusia,” katanya. (Humas.st/Saf)