Upaya menggenjot pemasaran dan penjualan semen terus dilakukan manajemen PT. Semen Tonasa. Salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan memberikan penghargaan (Reward) program point beli Semen Tonasa Dapat Hadiah bagi Komunitas Pekerja Bangunan Semen Tonasa.

Program point Semen Tonasa ini merupakan terobosan terbaru manajemen dalam mendongkrak penjualan semen di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Program ini juga diperuntukkan khusus kepada para pekerja bangunan yang telah menjadi anggota komunitas, dimana, pekerja bangunan yang membeli Semen Tonasa di toko, lalu sms transaksi ke call center komunitas pekerja bangunan Semen Tonasa. Kemudian, serahkan nota pembelian untuk diakumulasi dalam satu periode. Setelah itu, pekerja akan diberikan reward sesuai dengan point yang telah dikumpulkan.

Senior Manager (SM) Perencanaan Analisa Pasar dan Promosi (PAP) PT Semen Tonasa, Andi Chaeruddin mengatakan, program point beli Semen Tonasa dapat hadiah tersebut merupakan salah satu penghargaan perusahaan dalam bentuk Customer Royalti kepada pekerja bangunan yang selama ini menggunakan produk Semen Tonasa.

“Harapan kami, program ini dapat memberi manfaat lebih kepada mereka (Pekerja bangunan) yang selama ini setia menggunakan Semen Tonasa, sehingga, mereka terus menggunakan Semen Tonasa dan memperoleh reward-reward yang akan ditukarkan berdasarkan poin yang mereka kumpulkan selama periode berlangsung,” Ungkap Chaeruddin usai menyerahkan reward kepada pekerja bangunan yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama, di hotel D”Maleo, Senin (13/7/15).

Pemberian reward tersebut merupakan hasil program point tahap pertama yang telah berlangsung sejak bulan Mei hingga 10 Juli 2015 (Tiga bulan). Chaeruddin mengaku, setelah periode pertama ini, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap sejumlah kelemahan-kelemahan selama program tersebut berlangsung.

“Kita akan mereview program tahap pertama ini, kelemahan yang ada kita akan perbaiki dan terus melakukan sosialisasi ke anggota komunitas. Karena, masih banyak anggota yang kurang ikut berpartisipasi. Setelah itu, baru kita akan launching untuk periode kedua setelah hari raya Idul Fitri. Tentunya, dengan hadiah yang lebih menarik lagi,” akunya.

Chaeruddin menuturkan, untuk program point periode kedua, akan dilaksanakan dengan wilayah cakupan pasar Semen Tonasa lebih luas. Sehingga, dapat memberikan manfaat yang lebih optimal, baik kepada komunitas maupun bagi perusahaan. “Kita akan launching di Samarinda dan daerah-daerah yang menjadi pasar utama Semen Tonasa,” tuturnya.

Pria kelahiran 1973 ini juga  menjelaskan, pekerja bangunan yang mengikuti program point tersebut adalah anggota komunitas Semen Tonasa. Caranya, yakni membeli Semen Tonasa di toko dan ambil notanya, lalu sms transaksi ke call center komunitas pekerja bangunan Semen Tonasa. Kemudian, serahkan nota pembelian ke panitia untuk diakumulasi dalam satu periode. Setelah itu, akan diberikan reward sesuai dengan point yang telah mereka kumpulkan.

Chaeruddin menambahkan, untuk tahap pertama, pihaknya memilih Kota Makassar sebagai pilot project dan mengidentifikasi 400-an toko dalam program ini. Selanjutnya, akan dikembangkan ke seluruh toko yang menjual Semen Tonasa di wilayah Sulselbar. “Kedepannya, kami akan terapkan juga di daerah pasar utama Semen Tonasa. Yakni, Samarinda, Balikpapan, Manado dan Bitung. Terutaman, di Pulau Sulawesi,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Komersial PT. Semen Tonasa, Tri Abdisatrijo mengapresiasi program point yang dilaksanakan oleh Departemen Promosi dan Pemasaran tersebut. Sebab, program point ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan PT. Semen Tonasa dengan stakeholder. Sehingga, pihaknya akan mengembangkan program point ini ke seluruh wilayah Sulselbar dan daerah-daerah pasar utama PT Semen Tonasa.

“Pemberian reward program point ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada para pekerja bangunan. Karena, mereka adalah ujung tombak kita di lapangan dalam memasarkan semen. Kedepannya, kita rangkul komunitas ini untuk mensosialisasikan Semen Tonasa ke masyarakat Sulselbar,” katanya.

Ditempat yang sama, ketua Komunitas Pekerja Bangunan Semen Tonasa, Sumijo menuturkan, saat ini jumlah pekerja bangunan yang terdaftar resmi sebanyak 724 orang yang terdiri dari Mandor, tukang batu, kayu dan lain-lain. Mengenai program customer royalti atau program point tersebut, Sumijo mengaku, pihaknya menyambut baik. Sebab, hal tersebut merupakan bentuk penghargaan PT. Semen Tonasa terhadap para pekerja yang telah setia menggunakan produknya.

“Dengan program ini, pekerja akan lebih bergairah untuk memakai dan memasarkan Semen Tonasa. Sedangkan untuk PT Semen Tonasa, akan mendapat informasi toko-toko yang kurang stok Semen Tonasa-nya,” tuturnya.

Pekerja bangunan yang mendapat reward program point Semen Tonasa tahap pertama berdasarkan urutan poin tertinggi, yakni Syarifuddin Dg. Tayang mendapat satu unit sepeda motor dengan total penjualan tertinggi, satu unit kulkas diraih M. Ilyas Dg. Rewa, Musmuliadi mendapat satu unit mesin cuci, Abbas meraih satu unit Handphone, Nawir dapat kompor gas, Sukawati Arif dapat Dispenser, Muh. Asnawi, Abdul Rahman dan M. Saleh Dg. Pasang masing-masing mendapat voucher belanja senilai Rp200 ribu. (Humas.st/Saf)