Senin, 2 Februari 2015, sekitar seribu orang peserta PMR Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan mengikuti kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) ke 8 di lapangan Tonasa , Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep. Kegiatan Jumbara ini dibuka oleh Gubernur Sulsel, H. Syahrul Yasin Limpo, dan dihadiri Ketua Harian PMI Pusat, Dr. Ir. Ginandjar Kartasasmita dan Wakil Ketua PMI Pusat, H. Muh. Muas SH, Ketua PMI Sulsel, H. Ichsan Yasin Limpo bersama dengan seluruh pengurus PMI Sulsel, Direktur Utama PT. Semen Tonasa, Ir. H. Unggul Attas, MBA, Bupati Pangkep Syamsuddin A. Hamid dan ketua PMI Pangkep Abd Rahman Assaggaf serta unsur Muspida Pangkep.

Ketua panitia Jumbara PMR-PMI Sulsel, H. Idris Faisal Kadir menyatakan terharu atas keramahan rakyat Pangkajene dan Kepulauan, terutama Kecamatan balocci atas keramahan pelayanan kepada seluruh peserta Jumbara yang ditandai ikut berpartisipasinya dalam kegiatan ini, terutama pada keiatan seni. Idris menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya mengevaluasi proses pembinaan PMR juga mengembangkan pembinaan PMR dengan keterampilan peserta. Idris selaku Kadis Pendidikan Olahraga Pemuda Kabupaten Gowa ini juga mengatakan, dalam Jumbara yang mengangkat tema “Relawan Muda yang Berkarya” menunjukkan satu motivasi besar bagi remaja-remaja PMR dalam mengembangkan karakter diri sebagai tulang punggung aksi kemanusiaan.

Bupati Pangkep, H. Syamsuddin A. Hamid juga ikut memberikan sambutan yang serupa. Syamsuddin mengatakan, sebagai daerah tiga dimensi yakni meliputi pegunungan, laut dan kepulauan, Pangkep sangat mengharapkan keberadaan PMI karena Pangkep sangat rawan musibah sehingga Pangkep harus menjadi perhatian PMI. “PMI berperan penting khususnya pada daerah-daerah rawan bencana seperti halnya di Pangkep ini,” ujarnya.

Dalam sambutannya Gubernur Sulawesi Selatan , H. Syahrul Yasin Limpo merasa senang dengan pelaksanaan Jumbara yang terbilang baik dan sukses ini. Syahrul mengatakan bahwa dirinya tengah berbincang dengan pengurus PMI Pusat agar sulsel bisa didaftar untuk menjadi tuan rumah Jumbara Nasional pada tahun 2016, dan Syahrul pun yakin dan siap untuk melaksanakan Jumbara Nasional tersebut.

“Jumbara ini adalah Sebuah uji coba kita bersama untuk bisa melaksanakan sebuah event yang lebih besar dari apa yang kita laksanakan  hari ini” lanjut Syahrul. “Oleh karena itu Jumbara ini diharapkan bisa berhasil, dan berharap Jumbara ini mampu mempersiapkan segenap relawan-relawan sebagai salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan kemanusiaan, baik di bidang kesehatan maupun kebencanaan” ujarnya.

Dalam koridor yang sama Ketua Umum Pelaksana Tugas Harian PMI Dr. Ir. Ginandjar Kartasasmita Merasa sangat senang dan sangat bahagia melihat antusiasme peserta dari kegiatan Jumbara kali ini.

Ginanjar mengatakan “Jika Jumbara ini sukses, kita akan melakukan Jumbara tingkat Nasional di Provinsi Sulsel, yang nantinya akan hadir lebih dari lima ribu anggota dari seluruh provinsi di Indonesia, atau mungkin juga, dapat dipastikan akan banyak peserta dari luar negeri maupun manca negara dan tentu ini akan menambah semangat besar bagi kita, bagi para relawan dan keluarga besar Palang Merah Indonesia dan tentu juga akan membawa manfaat bagi provinsi Sulsel” imbuhnya. (Humas ST / Why)