Puluhan karyawan PT Semen Tonasa yang tergabung dalam komunitas pecinta ikan Guppybetta Semen Tonasa menggelar program peduli mudik lebaran Idul Fitri 1938 H.

Program peduli mudik lebaran yang berlangsung hari Sabtu (24/6/17), berupa pembagian takjil gratis kepada pengendara (Pemudik) tersebut dilaksanakan di tiga titik, yakni batas kota Makassar-Sungguminasa, Sudiang dan Kabupaten Pangkep.

Manager Anggaran, Departemen Akuntansi PT Semen Tonasa, Rustamin Rustam selaku ketua panitia pembagian takjil mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian komunitas pecinta ikan Guppybetta Semen Tonasa terhadap pemudik yang melakukan perjalanan, namun tetap melaksanakan ibadah puasa di hari terakhir Ramadan.

Rustamin yang juga Wakil Ketua Celebes Guppybetta Clubs (CGC) ini mengatakan, dalam kegiatan tersebut pihaknya membagikan 350 dos takjil kepada pemudik di batas kota Makassar-Sungguminasa, Sudiang dan Pangkep.

“Kegiatan pembagian takjil gratis ini baru pertama kali dilaksanakan, sebab komunitas pencinta ikan Guppybetta ini baru terbentuk Januari 2017 lalu,” katanya saat ditemui disela-sela pembagian takjil kepada pemudik di batas kota Makassar-Sungguminasa.

Mengenai komunitas pecinta ikan Guppybetta, Rustamin menuturkan, saat ini beranggotakan 105 orang yang tersebar di provinsi-provinsi yang ada di pulau Sulawesi. Hitungannya itu satu pulau satu komunitas. Jadi anggota komunitas itu ada di Sulsel, Kendari, Palu dan Manado. Khusus di PT Semen Tonasa, terdapat 10 karyawan yang bergabung di komunitas tersebut.

“Sebenarnya kita ingin membawa PT Semen Tonasa ini agar lebih dikenal masyarakat luas, terutama dikalangan para komunitas pecinta flora maupun fauna. Apalagi selama ini program yang ada itu hanya ke panti asuhan, tidak ada program pembagian takjil kepada pemudik. Makanya kami memilih program ini ,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang anggota komunitas pecinta Guppybetta, Zainuddin menambahkan, bahwa potensi pengembangan ikan Guppybetta tersebut sangat besar dan dapat bersaing dengan pulau Jawa.

“Lahan di Sulsel ini sangat luas, sehingga berpotensi digarap. Sebenarnya kita ingin agar PT Semen Tonasa bisa menjadi pembina komunitas pecinta ikan Guppybetta ini. Sebab, selain memiliki daya tarik keindahannya, Guppybetta memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Satu pasang indukan itu hargax bisa mencapai Rp1 jutaan,” ujarnya. (Humas.st/Saf)