Untuk lebih meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat disekitar lingkungan Perusahaan, PT. Semen Tonasa bekerjasama dengan Forum Desa sekitar Lingkungan Tonasa mengadakan pertemuan diKantor Diklat PT Semen Tonasa. Pertemuan tersebut adalah untuk membentuk suatu Lembaga Keuangan Desa (LKD).

Kegiatan yang berlangsung Selasa, tanggal 22 Desember 2014 ini sehubungan dengan rencana PT Semen Tonasa menganggarkan sekian Rupiah untuk pengembangan ekonomi masyarakat. Forum Desa bekerjasama dengan Lembaga Keuangan Desa bertugas untuk mencari kelompok usaha masyarakat yang terdiri dari 5 sampai 10 orang yang berbasis kegiatan ekonomi seperti kerajinan tangan, peternakan ayam, dan usaha-usaha lainnya.

Kegiatan tersebut sama halnya dengan Mitra Binaan, namun bedanya adalah Setiap Mitra Binaan harus memenuhui kriteria tertentu seperti harus memiliki usaha yang telah berjalan, sementara untuk kelompok usaha yang dibentuk oleh LKD adalah kelompok masyarakat yang baru akan membentuk suatu kegiatan usaha.

Sistem pemberian dananyapun secara hibah, kemudian pembayarannya dapat dicicil dengan bunga sekian persen. Keuntungan dari bunga tersebut akan terus dibergulir sehingga LKD tersebut dapat menjadi suatu Lembaga yang besar.