Pekan Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) XI sekabupaten Pangkep diselengarakan di Ruang Pola Kantor Daerah Kab. Pangkep oleh Mapala Teknisi Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM)  Sabtu, 02 Mei 2015. Kegiatan ini merupakan rangkaian dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional. PPLH XI yang mengusung tema “Implementasi Kebijakan Pendidikan Lingkungan Dalam Pembangunan Berkelanjutan” dihadiri oleh Drs. Abd Rahman Assagaf, Msi. (Wakil Bupati Pangkep), Prof. Dr. Ir. Gufran Darma Dirawa (Universitas Negeri Makassar), M. Agung (Badan Lingkungan Hidup Daerah)dan M. Yasin, SE (PT. Semen Tonasa).

Wakil Bupati Pangkep, Drs. Abd. Rahman Assagaf, Msi yang membuka auat kontes yang lebih besar tentang lingkungan hidup.

Sebanyak 87 siswa ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini yang merupakan perwakilan dari 8 sekolah yang terdiri dari, SMK Negeri 2 Bungoro, SMA Negeri 2 Labakkang (Boarding School), SMA Negeri 2 Unggulan Pangkajene, SMA Islam Bowong Cindea Bungoro, SMK Negeri 1 Pangkajene, SMK Negeri 1 Minasatene, SMK Negeri 1 Bungoro dan SMA Nasional Makassar.

Dalam PPLH yang berlangsung  juga diadakan seminar yang menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya masing-masing, M. Agung (Badan Lingkungan Hidup Daerah), M. Yasin, SE (PT. Semen Tonasa), Ir. Siti Chadidjah Kuniawati, MWC (Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung) dan Drs. Muhammad Tamrin Taba (Dinas Pendcara ini, dalam sambutannya mengatakan,”kegiatan ini merupakan langkah yang sangat kongkrit, kuat dan positif untuk mengajak berbagi pengetahunan, berbagi rasa,  bahwa mencintai alam itu adalah hal yang kontras, hukumnya wajib, mengurus dan mengelola lingkungan, utamanya sekolah-sekolah menengah kejuruan” pungkasnya.

Rahman juga menyampaikan apresiasi, rasa senang dan bangga dengan dilaksanakannya kegiatan ekstra oleh sebuah organisasi Mapala yang telah mengadakan pelatihan PPLH XI.

Di pihak lain Ahyul AR selaku Ketua Umum Mapala Teknisi FT UNM berharap, setelah kembalinya dari pelatihan PPLH, peserta dapat mengimplementasikan apa yang telah didapat dari kegiatan ini, serta mengajak instansi pemerintahan kab. Pangkep agar dapat bekerjasama untuk membidikan).

M. Yasin, SE, dari Biro Tambang PT. Semen Tonasa yang menjadi pemateri dalam kegiatan seminar ini menjelaskan tentang kegiatan reklamasi di PT. Semen Tonasa yang bertujuan memperbaiki lahan yang terganggu akibat proses penambangan agar berguna sesuai AMDAL terpadu di PT. Semen Tonasa. (Humas.st/why)