Sistem peledakan yang lebih ramah dengan lingkungan adalah dengan menggunakan emultion, dimana dampak dari ledakan yang ditimbulkan tidak sebesar ledakan dengan menggunakan anfo, untuk itulah agar kegiatan ini lebih efisien maka dibangunkan On Site Plant PT Dahana di area PT Semen Tonasa yang diresmikan pada Jumat, 9 November 2018, dihadiri oleh Direktur Utama PT Semen Tonasa Subhan, SE, MM, Ak, Direktur Utama PT Dahana Ir. Budi Antono, Direktur Keuangan PT Semen Tonasa Ir. Bambang Eko Prasetyo, MM, Direktur Operasi PT Semen Tonasa, Ir. Bambang Haryanto, GM PT Dahana Titan Irawan, GM Bahan Baku PT Semen Tonasa Ir. Alim Bakti, dan sejumlah karyawan unit kerja terkait.

Menurut Ketua Panitia GM Bahan Baku PT Semen Tonasa Ir. Alim Bakti, ada banyak kelebihan dengan melakukan OSP ini, yaitu delivery dimana yang dahulunya kita menunggu dari PT Dahana, dan khawatir tentang kapan datangnya, belum lagi masalah lainnya, tetapi dengan adanya OSP disini tentunya kita tidak khawatir lagi, juga barang yang dihasilkan selalu dalam keadaan fresh.

Di tempat yang sama, GM PT Dahana Titan Irawan mengatakan bahwa pembangunan pabrik OSP ini berlangsung sejak bulan Agustus tahun ini, yang sudah menjadi komitmen kami untuk membangun sesuai jadwal yang telah kita tetapkan bersama. “OSP yang kita buat disini adalah berupa OSP mini dimana kapasitas produksinya sebanyak 200 Ton/Bulan yang kita sesuaikan dengan kebutuhan di PT Semen Tonasa. Dengan OSP ini pula kita menjamin kualitas dan produk,” tuturnya.

Lanjutnya, “Dengan menggunakan emultion ini banyak permasalahan yang dapat diselesaikan, diantaranya permasalah air, dampak dari peledakan berupa getaran dan suara, dan petir, karena sudah menggunakan detonator anti petir (detonator non elektrik).

Dalam sambutannya Direktur Utama PT Dahana Ir. Budi Antono amat mnengapresiasi pada pihak PT Semen Tonasa yang bisa menjalin sinergi dengan PT Dahana. “Sebelumnya Dahan sudah memiliki 11 OSP di perusahaan lain, dan masih beberapa perusahaan lagi yang ingin menjalin kerjasama ini. Ia menjelaskan bahwa emultion adalah hal yang amat efisien,” imbuhnya.

Saat memberi sambutanya, Direktur Utama PT Semen Tonasa Subhan, SE, MM, Ak mengatakan selamat dan terima kasih atas kerja sama yang terjalin dengan PT Dahana, menurutnya sinergi anatara BUMN itu memang harus terus digalakkan karena hasilnya juga masuk ke negara yang pada akhirnya juga larinya ke masyarakat. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim, baik pada PT Semen Tonasa maupun PT Dahana yang telah memperlihatkan wujud kerjasama yang baik buat kita semua sehingga OSP ini bisa diresmikan.

Beberapa benefit yang didapatkan dengan pemakaian OSP ini adalah perijinan polisi akan menjadi tanggung jawab PT Dahana, baku mutu bahan peledak lebih fresh dan lebih stabil karena diproduksi oleh OSP. Chain Supplay lebih terjamin, Cost Rupiah per Ton batu kapur turun sebesar Rp 200/tonnya, atau setarah dengan 1,7 M / tahun. Emultion lebih tahan terhadap air, dan tahan terhadap cuaca apapun. Nonel dan emultion lebih ramah lingkungan serta dampak peledakan yang ditimbulkan terkontrol dengan baik dan dibawah ambang batas, baik itu ground fibration (getaran), fly rock (lemparan batuan) maupun air blast.

Dalam kegiatan ini dirangkaikan dengan penekanan tombol tanda peresmian OSP PT Dahana, penandatanganan prasati, pertukaran cinderamata dan rombongan berkeliling OSP untuk melihat langsung peralatan serta sistem operasionalnya. (Humas.st/Jr)