PT Semen Tonasa bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan menggelar kegiatan rutin donor darah. Kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai aksi peduli kemanusiaan terutama bagi yang membutuhkan.

Hasil donor darah itu akan disumbangkan kepada stok darah di PMI. “kegiatan ini dimaksudkan agar karyawan PT Semen tonasa memberikan sumbangsi berupa darah ke PMI, juga sebagai polarisasi hidup sehat ” kata General Manager Human Capital and Resources, Abd. Rahmat Noor, Jumat 24/01/2020

Kegiatan donor darah itu dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 14.00 WIT di Auditorium Kantor Pusat PT. Semen Tonasa. terdaftar dan berminat mengikuti donor darah mencapai 58 karyawan, namun setelah melalui proses pemeriksaan tekanan darah dan Hemoglobin (HB), hanya 49 orang peserta yang lolos untuk melakukan donor.

Nilta Royana menuturkan “Kegiatan ini menghasilkan 18 kantong golongan darah A, 15 kantong golongan darah B, 9 kantong golongan darah AB dan 7 kantong golongan darah O. “Donor darah sangat bagus bagi tubuh kita. Selain menyehatkan, donor darah juga membantu saudara kita yang membutuhkan,” ujar aftafer donor darah dari PMI Sulawesi Selatan.

Jumlah peserta yang mendaftar dalam donor darah pada bulan Agustus jauh lebih banyak dari yang sebelumnya. Walaupun begitu, banyak juga yang ditolak karena tidak memenuhi persyaratan.

Sebagian besar peserta tersebut ditolak karena alasan tingkat Hemoglobin (HB) yang tinggi. Kadar HB yang tinggi biasanya disebakan karena kurangnya istirahat, terlalu banyak memakan makanan yang mengandung santan, dan kurang mengkonsumsi air putih mineral.

Manfaat dari mendonorkan darah secara teratur, selain membantu sesama juga dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Proses ini, akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien.

Mendonorkan darah juga dapat digunakan sebagai uji pemeriksaan kesehatan diri sendiri. Ketika darah berada di dalam kantong darah dan diperiksa di laboratorium, maka tim medis akan melihat apakah Anda menderita suatu penyakit tertentu atau tidak

Sebab jika negatif dari segala jenis penyakit, maka dapat disumbangkan untuk mereka yang membutuhkan. Jika tidak, maka akan diberitahu apa yang sebenarnya sedang terjadi.

(HUMAS/AFR)