Dalam rangka menghadapi persaingan industri persemenan di tanah air yang semakin ketat seiring akan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), manajemen PT Semen Tonasa gelar acara temu dengan distributor. Kegiatan temu distributor tersebut berlangsung di Auditorium kantor pusat PT Semen Tonasa, Desa Biring Ere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Selasa (3/11/15). Acara temu manajemen PT Semen Tonasa dengan distributor tersebut dihadiri Jajaran Komisaris, Direksi dan Pejabat Eselon PT Semen Tonasa.

Komisaris Utama (Komut) PT Semen Tonasa, Prof. Idrus Patturusi mengatakan, untuk mencapai target yang ditetapkan pemegang saham, Semen Tonasa menetapkan misi, sasaran dan strategi untuk mempertahankan serta menjaga kestabilan operasional atau produksi semen.

Selain itu, juga melakukan terbosan dan penciptaan solusi melalui analisis untuk perbaikan yang berkesinambungan. Pemanfaatan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) secara optimal untuk mencapai pertumbuhan signifikan. “Peningkatan kinerja perusahaan juga didorong oleh kepercayaan pasar terhadap produk Semen Tonasa. Kekuatan pasar yang tersebar di seluruh Indonesia dan sebagian di luar negeri ini mendorong perusahaan untuk mempertahankan kemampuan pasokan dan distribusi,”urainya.

Sementara Direktur Utama (Dirut) PT Semen Tonasa, Andi Unggul Attas mengungkapkan, kegiatan temu distributor tersebut untuk menghadapi persaingan yang sangat ketat di masa yang akan datang. Karena produksi akan meningkat, sedangkan kenaikan demand (pasar) tidak terlalu besar, sehingga akan menimbulkan exe capacity.

“Yang harus kita lakukan adalah bagaimana selalu memberikan yang terbaik terhadap pelanggan. Salah satunya dari segi kualitas dan ketersediaan barang. Ini tentu yang diutamakan dalam memenuhi kebutuhan para pelanggan,” katanya.

Untuk itu, Unggul menekankan kepada distributor, untuk lebih jeli melihat peluang-peluang yang ada. Sebab, saat ini peluang pasar bertambah kecil dengan datangnya kompetitor-kompetitor baru.

“Yang lalu peluang besar, sehingga tidak terlalu perlu tenaga dalam menjual. Sekarang peluang itu kecil, sehingga setiap saat kita harus mencari bagaimana memanfaatkan peluang sekecil apapun. Makanya, kita pertemukan para distributor disini untuk membahas stretegi yang akan digunakan dalam meningkatkan penjualan semen tonasa,” ungkapnya.
Sementara itu salah satu distributor Semen Tonasa, Direktur PT Padi Mas Prima, Sugianto mengungkapkan, salah satu strategi yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan semen tonasa, yakni dengan rajin turun ke lapangan dan proyek-proyek menawarkan semen tonasa. Kami mendukung dan siap mencapai target dari perusahaan Semen Tonasa,” akunya.

“Tahun depan, kita harap proyek-proyek pemerintah bisa cepat dilaksanakan, agar kita bisa menjual lebih banyak lagi,” harap Sugianto, distributor terbaik yang menerima reward atas penjualan semen tonasa terbanyak.

Dalam kesempatan tersebut, PT Semen Tonasa menyerahkan award kepada distributor berprestasi dengan kinerja terbaik di tahun 2014 dan pemuncak wilayah dengan reward 4.700 zak. Pemuncak wilayah 1 diraih distributor PT Padi Mas Prima, Wilayah 2 PT. Karya Kreasi Prima dan Wilayah 3 diraih PT. Gracia Sejahtera Perkasa.

Sementara 19 distributor berhasil meraih penghargaan sebagai distributor terbaik penjualan tingkat provinsi diantaranya : CV. Gajaco Utama (Sulsel), PT. Aldy Kencana Makmur (Sulteng), CV. Surya Karya Prima (Sulut), UD. Jaya Mandiri (Sulbar), PT. Century Nusaphala Pratama (Gorongtalo), PT. Karya Kreasi Prima (Kaltim), PT. Odi Karya Mandiri (Kalsel), PT. Sarana LOgistik Indonesia (Kalteng), PT. Padi Mas Prima (Kalimantan Utara), PT. Wiharco Prima (Kalbar), PT. Padi Mas Prima (Bali), PT. Gracia Sejahtera Perkasa (NTT), PT. Sarana Logistik Indonesia (Papua), CV. Tri Abadi (Papua Barat), PT. Gracia Sejahtera Perkasa (Maluku), CV. Surya Intan (Maluku Utara), PT. Catur Kencana Sakti (NTB) dan Lay Shop (ekspor). (Humas.st/Saf)