PT. Semen Tonasa menerima kunjungan departemen geomekanika di lantai 3 Ruang Rapat Kantor Pusat, Jumat 30/08/2019.

Ihwal yang langkah departemen geomekanika adakan kunjungan terkait integrasi keilmuan pada proses produksi di Pabrik PT Semen Tonasa.

IRMS (Indonesian Rock Mekanic Society) memandatkan kota Makassar sebagai PIC kunjungannya ke PT Semen Tonasa.

Kegiatan yang dianulir sebagai salah satu rangkaian kegiatan oleh IRMS telah terlaksana 5 kali dalam kurun waktu 2 tahun terakhir.

Dosen Akademik Program Studi Teknik Pertambangan Nirmana Fiqrah menuturkan bahwa, “Kunjungan kami yang mengangkat topik Geomekanika ini, terkhusus pada proses produksi semen Tonasa juga proses peledakan yang berada di tambang, selain itu kami juga berharap kunjungan ke PT. Semen Tonasa sebagai peningkatan kualitas pendidikan khususnya di bidang penelitian”, pungkasnya.

Beberapa peserta yang ikut andil dalam kunjungan tersebut diantaranya, 11 Mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan UNHAS dan Geotech Enginering PT. Cons Inti Makmur yang juga sebagai anak perusahaan Sinar Mas.

Banyak hal yang dapat kita pelajari di pabrik ini. Tapi, kunjungan kali ini kami fokus pada proses peledakan batuan kapur yang berada di pabrik semen, ujar Fauzan Abdullah salah satu mahasiswa yang menjadi peserta dalam kunjungan ke PT. Semen Tonasa.

Departemen Geomekanika telah melakukan kunjungan ke berbagai industri yang relevan dengan bidang pertambangan untuk memastikan bahwa mahasiswa menerima ilmu yang seimbang antara teori dan praktik di lapangan. Kesenjangan antara teori dan praktik yang sering terjadi dapat membuat mahasiswa menjadi tidak percaya diri saat terjun ke dunia kerja.

Selanjutnya para peserta diberikan sosialisasi mengenai standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) perusahaan, peserta kunjungan langsung dibawa ke lokasi peledakan batuan kapur.

Kemudian para mahasiswa diajak untuk melihat bagaimana keseluruhan proses produksi yang berada di pabrik. Lokasi steril di pabrik yang cukup ketat mengharuskan peserta mengikuti aturan disiplin yang telah ditetapkan oleh K3. seperti menggunakan helm saftey, sepatu, hingga tidak diperbolehkan mengambil gambar lewat gawai ataupun kamera digital.

Usai kunjungan ke lokasi indsutri PT. Semen Tonasa, Departemen Geomekanika dan perwakilan manajemen PT Semen Tonasa melakukan pertukaran cindera mata berupa plakat. (Humas.ST/AFR).