Setelah sukses menggelar Konvensi Mutu ST ke-25, Semen Tonasa mendapat tantangan menjadi tuan rumah acara Semen Indonesia Award on Innovation (SMIAI) 2013. Perhelatan SMIAI 2013 berlangsung pada tanggal 20 Februari 2014 di Phinisi Ballroom Hotel Clarion Makassar. Tahun-tahun sebelumnya SMI menyelenggarakan SMIAI di Surabaya, namun tahun ini untuk pertama kalinya diselenggarakan diluar Surabaya. Tentu saja ini adalah salah satu wujud Sinergi Semen Indonesia Group.

SMIAI merupakan sarana apresiasi Perusahaan kepada para Inovator yang telah melakukan inovasi dan kreativitas yang bermanfaat bagi kemajuan perusahaan. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi ajang sharing knowledge bagi seluruh karyawan sehingga Semen Indonesia Group menjadi Perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif.

SMIAI 2013 diikuti lebih dari 40 tim Finalis yang berasal dari Operating Company SMI maupun anak perusahaan dan afiliasi. Finalis dibagi dalam 5 (lima) Kategori yaitu Kategori Produk & Bahan Baku, Kategori Teknologi & Proses Produksi Tambang-Raw Mill, Kategori Teknologi & Proses Produksi Kiln-Packer, Kategori Manajemen dan Kategori Anak Perusahaan & Afiliasi. Finalis yang berhak mengikuti SMIAI adalah tim yang telah melalui seleksi Juri yang beranggotakan beberapa Dosen ITS.

Yetty Ifneldy selaku Kepala Departemen Pengembangan Usaha & Sistem Manajemen PT Semen Tonasa sekaligus sebagai tuan rumah pun mendapatkan kesempatan menyampaikan laporannya, “Inovasi tahun ini di PT Semen Tonasa memiliki potensi benefit sebesar Rp. 139 Milyar, yaitu ± 24% dari total potensi benefit secara Group sebesar Rp. 695 Milyar”.

Malam penganugerahan SMIAI 2013 berlangsung di hari yang sama mulai pukul 19.00 Wita. Malam penganugerahan dihadiri lebih dari 300 tamu undangan dan para pejabat di Makassar. Dari sekian banyak prestasi dan juara yang diumumkan, Semen Tonasa meraih penghargaan â€œThe Best Innovation” kategori Teknologi & Proses Produksi Tambang-Raw Mill yang diraih oleh Tim DEIDARA dari Departemen Produksi Bahan Baku dan â€œProductive Innovator” yang diberikan kepada Arman S (Mekanik Rawmill 4), Hariyono Gunawan (Tambang) dan Adi Akmal (Instrumen 2/3).

Malam penganugerahan SMIAI 2013 juga diramaikan dengan Tari Kreasi Semen Tonasa “Goyang Caisar”, yang diikuti 150 penari dan juga diikuti oleh Direksi Semen Indonesia Group. Performance Band UNGU dan doorprize bagi para tamu undangan menjadi bagian penutup acara ini.