JAKARTA. Upaya PT Semen Tonasa memberdayakan masyarakat lewat Program CSR kembali menuai hasil. Penghargaan 2 emas, 2 platinum, dan 4 silver berhasil diboyong Tonasa di ajang Indonesian CSR Award (ICA) 2014. Pada puncak penghargaan ICA 2014 yang digelar di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (28/11) lalu, CEO PT Semen Tonasa H Andi Unggul Attas juga memperoleh penghargaan sebagai CEO terbaik. Total 9 penghargaan disabet Tonasa di ICA 2014.

Pada penerimaan penghargaan tersebut, PT Semen Tonasa diwakili Direktur Keuangan H. Subhan, Komite Audit Bidang CSR Prof. Hamsu Gani, serta Kepala Departemen CSR dan Umum H. Ferry Djufri. Terkait penghargaan yang diraih PT. Semen Tonasa, Direktur Keuangan PT Semen Tonasa H. Subhan mengungkapkan jika semua itu bisa dicapai karena kerja keras tim Tonasa bersama masyarakat dalam upaya menyukseskan kegiatan CSR. “Tentunya kita bangga dan bersyukur Tonasa kembali meraih penghargaan yang membanggakan ini. Semua ini tidak bisa kita raih tanpa kerjasama para tim dan dukungan masyarakat,” urainya.

Penghargaan tersebut, lanjut Subhan, membuktikan Tonasa tahun demi tahun, seiring dengan perkembangan kinerja tim terus meningkatkan kegiatan-kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat berupa sanitasi lingkungan dan peningkatan ekonomi masyarakat. “Harapan kita tahun depan kegiatan seperti ini bisa kita tingkatkan, sehingga bisa menjadi salah satu pilar perusahaan untuk lebih meningkatkan kinerja kedepan, sehingga perkembangan Tonasa bukan hanya dari segi finansial tapi bagaimana memberdayakan masyarakat kedepan, membantu dan ini adalah hal positif untuk Tonasa di tahun-tahun yang akan datang,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Departemen CSR dan Umum PT Semen Tonasa Ferry Djufry menyebutkan, sepanjang tahun 2014 segudang penghargaan yang diraih Tonasa baik perorangan maupun program kerja tim tak lepas dari komitmen perusahaan untuk mensejahterakan masyarakat lewat program-program CSR.

“Alhamdulillah, Tonasa kembali mendapat penghargaan, dan kali ini kita memperoleh 9 penghargaan, target kita tahun 2015 mendatang bisa lebih meningkatkan kinerja perusahaan sehingga prestasi-prestasi gemilang di kancah nasional bisa kita capai,” ujarnya. Sembari menambahkan, di tahun 2015 mendatang, program andalan CSR Tonasa terkait sarana air bersih dan sanitasi tetap akan dipertahankan. Hal itu dinilai sangat penting guna meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Disamping melanjutkan program pemberdayaan masyarakat disektor sanitasi dan lingkungan, kita sedapat mungkin juga akan mengoptimalkan kegiatan ekonomi masyarakat, bagaimana mendukung UKM dan menjadikannya salah satu pilar utama pengembangan ekonomi masyarakat, khususnya disekitar pabrik,” jelasnya.

Pada Indonesian CSR Award (ICA) 2014, PT Semen Tonasa mengikutkan  beberapa program  yaitu :

1. Bidang Hak Asazi Manusia (HAM) mencakup program prinsip-prinsip dan Hak-hak dasar pekerja dengan judul Peranan Forum Lembaga Kerjasama (LKS) Bipartit Dalam Meningkatkan Hak Dasar Karyawan dalam pencapaian Tujuan Perusahaan dengan mendapat predikat Gold.

2. Bidang Lingkungan yakni program perlindungan lingkungan dengan judul Reklamasi pasca tambang dilahan kritis meningkatkan keaneka ragaman hayati dan peningkatan pendapatan komunitas mendapat predikat Silver.

3. Bidang Konsumen yakni program kepuasan konsumen, dengan judul Layanan Handal Purna Jual Sahabat Tonasa mendapat predikat Gold.

4. Bidang Community Invoivement and Development (CID) mendapat penghargaan dengan predikat 1 silver dan 2 Platinium dari 3 program yang diikutinya yakni :

     –    Program Penciptaan Lapangan Kerja dan Peningkatan Keterampilan, judul Penguatan Ekonomi Rakyat melalui Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (Tonasa Mandiri).

     –    Program Investasi Sosial untuk Infrastruktur, judul Mewujudkan Masyarakat Lingkar Perusahaan yang Sehat melalui program Tonasa Sehat.

     –    Program Investasi Sosial untuk Kelembagaan Ekonomi, judul Pengembangan Forum Desa, Mitra Strategis Pemberdayaan Komunitas Lingkar Perusahaan.

Sedangkan pada Kategori Perorangan Indonesian CSR Award 2014-CSR Best Practice Tingkat Lapangan, PT Semen Tonasa berhasil meraih Peringkat III terbaik yang diwakili Team Leader Program Pendampingan CSR Wilayah Lingkar PT Semen Tonasa, Ruslan Ali, mengikutsertakan karyanya yang berjudul Membangun Sinergitas untuk Kemandirian Masyarakat Lingkar PT Semen Tonasa. Dan untuk Tingkat Peran Pelaku Mitra, Ketua Forum CSR “FORMAT” Desa Taraweang, Dr. H. Abd Latief Ramang, SE, MSi dengan karya tulisnya berjudul Pembangunan Sarana Air Bersih dan Sanitasi Lingkungan.