Setelah berhasil meraih penghargaan SNI Award dengan tingkat Gold dan Malcolm Baldrige kategori Emerging Industry Leader dengan perolehan nilai 601 pada November lalu, kali ini PT Semen Tonasa kembali meraih Penghargaan Proper Hijau pada Acara Penyerahan Penghargaan Anugerah Lingkungan proper Tahun 2016, di Istana Wakil Presiden, Rabu, 7 Desember 2016.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) ibu Sitti Nurbaya Bakar kepada Direktur Utama PT Semen Tonasa Ir. Andi Unggul Attas, MBA, yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, dan penerima penghargaan lainnya

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) merupakan program pengawasan terhadap industri yang bertujuan mendorong ketaatan terhadap peraturan lingkungan hidup.

Selain itu program ini juga bertujuan untuk mendorong industri menerapkan prinsip ekonomi hijau dengan kriteria penilaian kinerja sistem manajemen lingkungan efisiensi energi, konservasi air, pengurangan emisi, perlindungan keanekaragaman hayati, 3R limbah B3 dan limbah padat Non B3 serta mengurangi kesenjangan ekonomi dengan menerapkan program pemberdayaan masyarakat.

Ada 5 tingkatan proper, peringkat tertinggi adalah emas, kemudian hijau, biru, merah dan hitam, dan PT Semen Tonasa sudah yang ketiga kalinya memperoleh peringkat Proper Hijau ini, tinggal selangkah lagi untuk memperoleh Proper Emas.

Tahun 2016 ini, jumlah peserta proper mencapai 1930 perusahaan yang terdiri dari 111 jenis industri. Tingkat ketaatan proper tahun ini mencapai 85% dengan peraih peringkat emas 12 perusahaan, hijau 172 perusahaan, biru 1422 perusahaan, merah 284 perusahaan dan hitam 5 perusahaan.

Dengan pencapaian peringkat Poper Hijau yang diperoleh, PT Semen Tonasa berkomitmen secara konsisten untuk menunjukkan pengelolaan lingkungan dalam proses produksi, dan melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat. (Humas.st/Why&Jr)