Tonasa Science Championship (TSC) merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT PT. Semen Tonasa yang selalu diadakan tiap tahunnya sebagai ajang silaturahmi antar pelajar. Event yang merupakan program CSR Tonasa Bersaudara bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Dewantara Indonesia digelar di Auditorium Kantor Pusat PT. Semen Tonasa, berlangsung 3 hingga 4 Desember 2015, dihadiri Direktur Keuangan PT. Semen Tonasa Subhan, SE.Ak, MM, Sekertaris Dinas Pendidikan Abdul Hamid, para pejabat eselon PT. Semen Tonasa, dan guru pendamping dari masing-masing sekolah.

TSC yang sudah memasuki tahap ke-8 ini mengusung tema “Semangat Pendidikan Semangat Indonesia Maju” diikuti sebanyak 973 pelajar, diantaranya 448 siswa SMP dan 535 siswa SMA sekabupaten pangkep, selain itu juga diikuti 4 tim dari sekolah di kab. Maros.

Dalam laporannya, ketua Panitia Ahmad Ikram, ST dari Lembaga Pendidikan Dewantara Indonesia memaparkan, “tujuan diadakannya TSC Ke-8 ini adalah sebagai ajang silaturahmi seluruh pelajar SMP dan SMA Sekabupaten Pangkep, membangun semangat kompetisi dan daya saing pelajar Sekabupaten Pangkep ,  serta menjaga semngat pendidikan sebagai pilar kemajuan bangsa” ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Direktur Keuangan PT. Semen Tonasa Subhan, SE.AK, MM sekaligus membuka kegiatan ini mengatakan bahwa, TSC ini merupakan rangkaian dalam memperingati HUT Ke-47 PT. Semen Tonasa, dan juga merupakan program CSR Tonasa, dimana salah satu pilarnya adalah Tonasa Cderdas yang fokus dalam pengembangan pendidikan.

Lanjut, Lulusan Universitas Hasanuddin ini menambahkan, ditahun 2015 ini banyak kegiatan CSR yang dilakukan terkait dengan pengembangan pendidikan di Kab. Pangkep, khususnya di 11 desa lingkar sekitar pabrik, diantaranya adalah, yang pertama untuk mendukung program pendidikan dari aspek pengajar, PT. Semen Tonasa bekerjasama dengan Sampoerna Foundation untuk memberikan asistensi metode pengajaran yang baik, kemudian dari sisi infrakstruktir PT. Semen Tonasa memberikan bantuan berupa sarana pendidikan seperti buku pelajaran maupun fasilitas lainnya terkait dengan peningkatan pendidikan, dan dari sisi pelajar, perusahaan telah membagikan beasiswa mulai dari pendidikan tingkat SD hingga Universitas. “Ini semua adalah bentuk kepedulian PT. Semen Tonasa terhadap dunia pendidikan, agar PT. Semen Tonasa dapat memberikan manfaat, sehingga Kab. Pangkep bisa memberikan pelajar pelajar yang tentunya berprestasi, yang bukan hanya ditingkat kabupaten tetapi juga ditingkat provinsi maupun nasional,” ungkapnya.

Lain halnya dengan salah satu peserta TSC 8 Nurazizah Harun pelajar dari SMA Negeri 2 Labakkang ini mengungkapkan, “Event TSC ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, utamanya untuk para pelajar meningkatkan ilmu pengetahuan serta sainsnya, selain itu melalui TSC ini kita juga bisa bertemu dengan pelajar-pelajar dari berbagai sekolah,” urainya.

Dalam proses seleksi, peserta melalui beberapa tahapan untuk menjadi juara, diantaranya, pada babak penyisihan pertama, baik untuk kategori SMP maupun SMA, seluruh peserta mengisi lembar kerja untuk menyaring 50% peserta lolos ke babak selanjutnya, kemudian pada babak penyisihan kedua, panitia kembali menyeleksi untuk mencari masing-masing 15 tim SMP dan juga SMA maju babak berikutnya. Selanjutnya dengan menggunakan lomba estapet dan teater game, kecerdasan dari 15 tim kembali diadu untuk mencari 3 tim. Dan dibabak final, tim-tim yang telah berhasil meraih juara adalah :

Kategori SMP

Juara Pertama :SMP Negeri 1 Pangkajene

Juara Kedua : SMP Swasta Tonasa II

Juara Ketiga : SMP Negeri 2 Pangkajene

Kategori SMA

Juara Pertama : SMA Negeri 2 Pangkajene

Juara Kedua : SMA Negeri 2 Pangkajene

Juara Ketiga : SMA Negeri 2 Labakkang

(Humas.st/Why)