Program Kemitraan CSR PT Semen Tonasa kembali menggelontorkan dana pinjaman bagi program kemitraan UKM Tahap IV tahun 2016 di Lantai 6 Kantor Pusat Semen Tonasa, Senin (26/9). Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan wujud tanggungjawab sosial Semen Tonasa terhadap pengembangan usaha kecil yang ada di wilayah Ring I,II dan III melalui program kemitraan dengan anggaran tahun 2016 yakni 12,7 Milyar.

” Ini penyerahan dana pinjaman tahap keempat dengan rincian, Ring I sebanyak 26 unit usaha dengan nilai pinjaman sebesar 613.000.000,- dan Ring II sebanyak 39 unit usaha dengan nilai pinjaman sebesar 932.000.000,-,” kata Kadep CSR & Umum PT. Semen Tonasa, Ferry Djufri, SE, MBA

“Ada banyak sektor usaha yang menerima bantuan modal kerja, yakni usaha perdagangan, industri, perikanan, jasa, peternakan dan koperasi, ” ujarnya.

“Untuk tahap keempat ini jumlah pinjaman modal kerja yang diserahkan sebesar Rp 1.545.000.000,- (satu milyar lima ratus empat puluh lima juta rupiah),” jelasnya.

Ferry Djufri menambahkan, pinjaman modal kerja yang diserahkan ini meliputi 65 unit usaha yang terdiri dari mitra binaan baru sebanyak 24 unit dan mitra lanjutan sebanyak 41 unit pengusaha.

Total penyaluran sampai September 2016 termasuk hari ini tahap IV telah disalurkan dana program kemitraan sebesar 7.429.000.000,- (tujuh milyar empat ratus dua puluh sembilan juta rupiah) untuk 316 unit UKM atau 58,49 % dari RKA tahun 2016, urainya.

Sementara Direktur Keuangan PT. Semen Tonasa, Subhan,SE mengharapkan kepada para mitra binaan yang mendapatkan dana pinjaman agar dimanfaatkan benar-benar peruntukannya. Dikarenakan dana bergulir ini bersifat pinjaman dengan suku bunga 6 % pertahun, jadi kredit lunak dan memudahkan masyarakat, urainya.

“Tingkatkan usaha dengan sabar, meskipun kita dari usaha kecil pasti nanti akan berkembang juga karena semua ada prosesnya, yang penting sabar dan terus berusaha dan berdoa,” ujarnya.

Kepada pelaku usaha agar mengelola usaha dengan baik, pengembalian tepat waktu sehingga dapat memperoleh pinjaman lanjutan yang lebih besar sesuai dengan perkembangan usahanya. Intinya sektor UKM sangat penting untuk mendorong sektor ekonomi di Kab. Pangkep,”pesannya.

Ditengah industri persemenan yang sangat sulit dikarenalan adanya para pemain baru, untuk itu dukungan dan doanya sangat diharapkan agar perusahaan yang kita cintai ini lebih maju ke depan, karena kita bagian dari mitra PT. Semen Tonasa.

Haji Muhammad pengelola tambak udang vaname, dari daerah labbakkang penerima bantuan modal kerja untuk kali kedua ini, sangat mengapresiasi dan merasa gembira mendapatkan bantuan dari PT. Semen Tonasa, selain modal usahanya bertambah juga merasa terbantu pemasaran hasil lautnya oleh tonasa, imbuhnya.

Semoga bantuan modal ini terus digulirkan oleh Semen Tonasa sehingga banyak pengusaha yang kekurangan modal dapat meningkatkan dan memperbesar usahanya, serta lebih maju. (Saf)