Dalam menghadapi ketatnya persaingan industri semen saat ini, PT Semen Tonasa melakukan upaya dengan mendirikan Packing Plant, ditandai dengan Groundbreaking di Maluku Utara, Senin, 24 September 2016, dihadiri oleh Direksi Semen Indonesia (Persero) Tbk,, jajaran Dewan Komisaris dan Direktur PT Semen Tonasa, jajaran pimpinan eselon PT Semen Tonasa, Gubernur Maluku Utara, Walikota Tikep, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Maluku Utara. Packing Plant ini adalah sebagai wadah dalam menyalurkan produksinya, sekaligus menjalankan misinya yaitu memenuhi kebutuhan konsumen dengan kualitas serta penyerahan tepat waktu.

Dalam laporannya, Ir. Andi Unggul Attas, MBA menjelaskan latar belakang dibangunnya Packing Plant di Maluku Utara ini adalah Peningkatan demand semen di daerah ini adalah sebanyak 20%, yang menandakan bahwa pembangunan di Maluku Utara cukup pesat, letak geografis daerah Maluku Utara yang terdiri dari pulau-pulau kecil dan kondisi cuaca menjadi faktor yang selama ini berpengaruh terhadap kelancaran dan stabilitas supplay produk ke konsumen, hilangnya peluang meningkatkan market share disebabkan supplay yang kurang lancar, dan juga biaya distribusi saat ini relatif cukup tinggi karena biaya kapal bag lebih mahal dibanding kapal curah sehingga menghilangkan peluang peningkatan margin penjualan.

Unggul juga berharap dengan pembangungan Packing Plant di daerah Maluku Utara ini diharapkan dapat memberikan multiplay efect, delivery time tepat waktu, jaminan kualitas produk sampai ditangan end user, Stabilitas pasokan dipasar terjaga, harga jual lebih kompetitif, serta dapat meningkatkan market share.

Sementara itu dalam sambutannya Direktur Enginering dan Proyek PT Semen Indonesia Gatot Kustyadji mengatakan, “Semen Indonesia yang merupakan Holding Company adalah pabrik semen di Inodneisa dengan kapasitas paling terbesar yaitu 28 juta ton pertahun, yang saat ini berada di wilayah Indonesia adalah di Padang, Tonasa dan Gresik. Sebagaimana fungsi perusahaan sebagai BUMN, kita berusaha untuk terus berkembang, baik di dalam negeri mauun di luar negeri sebagai industri persemenan internasional,” ungkapnya.

Lanjutnya, “Khusus di Indonesia bagian timur, proyek pembangunan didukung penuh oleh PT Semen Tonasa yang memiliki lokasi strategis di Indonesia Timur.

Ia juga berterima kasih kepada masyarakat Maluku Utara atas dukungannya, agar pembangunan Packing Plant ini dapat berjalan dengan baik, baik dari segi biaya waktu maupun dari sei kualitasnya.

Ditempat yang sama, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba menyampaikan, “dengan adanya packing plant di daerah ini, maka harga semen di Maluku Utara pasti terjangkau oleh masyarakat Maluku Utara,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan rasa senangnya dengan dibangunnya packing plant di Maluku Utara ini, “selaku gubernur saya sangat berterima kasih kepada PT. Semen Tonasa yang berinvestasi di daerah ini,” urainya.

Dalam acara ini, Direktur Utama PT Semen Tonasa Andi Unggul Attas, Direktur Enginering dan Proyek PT Semen Indonesia Gatot Kustyadji, Komisaris Utama PT Semen Tonasa Idrus Paturusi, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dan Walikota Tikep Ali Ibrahim bersama-sama melakukan penekanan tombol sebagai tanda dimulainya Groundbreaking.

Selanjutnya melakukan visit miniatur Packing Palnt kemudian dilanjutkan dengan pengecoran pertama oleh Direktur Enginering dan Proyek PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Gatot Kustyadji dan Gubernur Sulawesi Selatan Abdul Gani Kasuba. (Humas.st/Why).