Senin, 26 Januari 2015 Universitas Negeri Makassar Fakultas Ekonomi berkesempatan untuk mengunjungi PT. Semen Tonasa yang pertama kalinya, selain silaturahmi juga untuk menimbah ilmu seperti yang diutarakan oleh ketua rombongan Aswar, yang merupakan dosen di bidang ilmu ekonomi. Dalam sambutannya Aswar mengatakan “kami bangga akan keberadaan PT. Semen Tonasa yang sejak dulu hingga kini masih tetap eksis”. Juga menurutnya “tidak semua provinsi memiliki pabrik semen. Dan ini adalah alasan kedatangan kami ke PT. Semen Tonasa sekaligus menimbah ilmu dan bersilaturahmi” pungkasnya.

Kepala Departemen Akuntansi dan Keuangan Asruddin, SE. dalam sambutannya mengatakan, senang dengan kedatangan UNM ke PT. Semen Tonasa. Lebih jauh lagi Asruddin menjelaskan bahwa “secara finansial Semen Indonesia cukup baik dalam 10 tahun terakhir, kapitalisasi yang terbentuk setara dengan membuat satu pabrik semen dengan investasi setahun satu dengan kapasitas 2,5 Juta Ton adalah 3,1 Trilliun dan secara kapitalisasi modal yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir cukup baik.

“Semen Indonesia juga melakukan ekspansi ke Vietnam yang jika berdasarkan geografis berada ditengah antara Cina dan Asia Tenggara, dan transformasi yang dilakukan di tahun 1991 ke 1995 terjadi penguatan sinergi baik secara sistem, corporate culture, kompetensi kemudian didorong, disinergikan dan dioptimalisasikan. Tahun 2005 ke 2009 didorong dengan inovasi terutama dalam alternatif energi yang mengarah pada efisiensi karena energi merupakan salah satu coststructure yang tinggi dan kita mencoba dengan bahan bakar alternatif berupa sekam padi, cangkang mente, batok kelapa dan ini juga merupakan  inovasi” tutur pria kelahiran 1970 ini. (Humas ST/Why)