Senin, 2 Maret 2015 tepat di lantai II Kantor Pusat nampak beberapa karyawan sibuk menyiapkan sesuatu, seperti ingin melakukan hajatan. Meja yang biasanya dipenuhi dengan alat kantor disalah satu ruangan koridor pemasaran kini diatasnya dihiasi dengan nasi tumpeng dan beberapa penganan lainnya. Kepala Biro Perencanaan dan Analisa Pasar A. Chaeruddin Pi, SE., MM. memberikan sambutan bahwa sebentar lagi kita akan melaunching suatu sistem yang dapat mengontrol dan memonitoring aktivitas dan perkembangan penjualan. Sistem itu dinamakan Marketing Control Room (MACRO), yang mana ini adalah bentuk dari tindak lanjut Suplay Chain Officer dan ini merupakan suatu upaya untuk melakukan monitoring terhadap progress penjualan harian, serta sebagai salah satu wadah untuk mengimplementasikan Suplay Chain Management.

Heru berharap, agar dari program ini keterlibatan unit terkait untuk memonitoring pemasaran secara harian bisa terlaksana sehingga jika ada masalah-masalah di lapangan dapat segera terdeteksi, kemudian dapat dilakukan penyelesaian masalah pada saat itu juga. Jadi ini juga sebagai Early Warning System terhadap progress pemantauan kinerja pemasaran.

Jebolan Universitas Hasanuddin ini juga menjelaskan “setiap Opco memiliki Suplay Chain Officer yang mengontrol atau memonitoring perkembangan dari penjualan, espektasinya ialah bahwa setiap pergerakan penjualan itu terkontrol tidak hanya di akhir saja, tetapi benar-benar setiap permasalahan yang ada itu sebisa mungkin dapat terselesaikan dan terealisasikan, dan itulah peranan dari Macro sehingga segala macam kebijakan bisa diambil dengan cepat, dengan demikian kita tidak kalah dengan pasar, baik dari sisi pemasaran demikian pula dari sisi distribusi” imbuhnya.

Lebih jauh lagi pria kelahiran 1973 ini juga menambahkan bahwa sistem ini terefresh secara otomatis setiap 30 menit dan kita boleh juga merefreshya setiap saat, dan hari ini kita go live, dihadiri oleh teman-teman Semen Indonesia, Pak Rachmaison dan timnya agar dapat berkonsultasi, sehingga go live untuk Marketing Control Room dan Suplay Chain Officer di pemasaran ini dapat berlangsung.

Senada dengan itu, Kepala Departemen Pemasaran Matla Ilfajar, SE., MM. merasa bersyukur dengan adanya Macro ini. Matla mengungkapkan bahwa “dengan Macro ini kita bisa melihat perkembangan bidang penjualan, dan ini sangat membantu karena informasi bisa cepat diterima dan semua wilayah bisa dipantau, dan ini adalah suatu bentuk kemajuan” jelasnya singkat.

Acara ini pun ditutup dengan do”a bersama yang dipimpin oleh Kepala Departemen Internal Audit Drs. Andi Makkulau, dan dilanjutkan dengan acara pemotongan nasi tumpeng dan makan bersama. (Humas ST/Why)