Tonasa—Pangkep. Menyambut Kampanye Bulan Mutu dan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2013, PT Semen Tonasa mengadakan Lomba Artikel, Foto, Video, dan Poster K3.

PT Semen Tonasa yang selama 10 tahun terakhir telah meraih prestasi tertinggi di bidang K3 berupa Bendera Emas dan juga meraih proper hijau, diharapkan bisa mencapai target menjadi perusahaan dengan zero accident (nihil kecelakaan). Salah satunya dengan mengajak karyawan untuk sharing pengalaman pribadi yang berkenaan dengan keselamatan dan kesehatan kerja.

Pada Lomba Artikel K3 misalnya, karyawan yang bekerja di PT Semen Tonasa, maupun pada anak perusahaan, serta lembaga pendukung lainnya di PT Semen Tonasa dapat berbagi cerita pribadi mengenai kejadian-kejadian yang dialami, baik di kantor, di rumah, maupun di jalan raya. Cerita ini diharapkan dapat menjadi pengalaman berharga bagi karyawan lainnya untuk menghindari kejadian yang berisiko bagi keselamatan dan kesehatan kerja atau menjadi rekomendasi untuk terus meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja di PT Semen Tonasa.

Jika cerita dianggap kurang efektif, karyawan bisa memilih dengan menyampaikannya melalui poster. Poster yang dilombakan diharapkan dapat mengkampanyekan keselamatan dan kesehatan kerja karyawan di PT Semen Tonasa. Selain itu, karyawan juga diajak untuk mendokumentasikan kegiatan K3 di lingkungan unit kerja masing-masing dalam bentuk foto serta mendokumentasikan kegiatan K3 dan safety announcement dalam bentuk video klip yang berdurasi minimal dua menit.

Koordinator masing-masing Lomba Artikel, Foto, Videografi, dan Poster K3, mengharapkan agar peserta pada lomba ini lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Apalagi, jenis yang dilombakan pun beragam. Karyawan bisa bebas memilih apa yang tepat untuk mengkampanyekan keselamatan dan kesehatan kerja di PT Semen Tonasa.

“Sejumlah hadiah sudah disiapkan sebagai penghargaan kepada peserta. Kami menyiapkannya dalam bentuk uang tunai untuk juara I, II, dan III, dan akan diserahkan pada Konvensi Mutu dan Seminar K3,”.

Pada Bulan Mutu dan Bulan K3 Nasional 2013 ini, PT Semen Tonasa memang mengadakan sejumlah kegiatan seperti, Konvensi Mutu dan Seminar K3, Kampanye Implementasi K3, Kualitas, dan Peningkatan Kepedulian terhadap Lingkungan Hidup, Innovation Award, Pemilihan Tim K3LH dan Circle Autonomous Maintenance Terbaik, Pemilihan Tempat Kerja Teladan/House Keeping Rate (HKR) dan Unit Kerja dengan Layanan Terbaik, Lomba Tim PKTD, Lomba Artikel K3, Photo, Videography, dan Poster K3, dan kegiatan sosial. Seluruh kegiatan ini akan digelar hingga berakhirnya momentum kegiatan Bulan K3 Nasional yang ditetapkan oleh pemerintah dan jatuh pada bulan Fenruari setiap tahunnya. (saf)