PALOPO– Sebanyak kurang lebih 150 mandor dan pekerja bangunan se-kabupaten Luwu (Palopo) mengikuti pelatihan aplikasi produk bagi pengguna Semen Tonasa. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Departemen Rencana Pengembangan dan Pemasaran (Renbangsar) PT Semen Tonasa, di Balai Latihan Kerja Kab. Luwu Palopo, Minggu (03/3/13).

Kepala Balai Latihan Kerja Indonesia Kab. Luwu, Ilyas Spd.Msi sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan pekerja bangunan yang dilaksanakan oleh PT Semen Tonasa tersebut, dikarenakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pekerja bangunan, karena menambah pengetahuan mereka, terutama dalam penggunaan Semen Tonasa.

Kita berharap kedepan, pelatihan bagi tukang-tukang ini ditingkatkan lagi, sehingga koordinasi dengan para tukang dengan pengguna semen terjadi umpan balik yang sama-sama menguntungkan, disamping itu dengan pelatihan ini kita dapat mengetahui bagaimana pencampuran yang baik sehingga menghasilkan kualitas bangunan yang baik, urainya.

Kepala Biro Promosi & Pelayanan Konsumen PT Semen Tonasa, Daniel Baan menuturkan, kegiatan pelatihan tersebut untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan pengetahuan para pekerja bangunan yang ada dikota Palopo ini. Selain itu, para pekerja bangunan ini akan menjadi mitra PT Semen Tonasa di masyarakat. Terutama, bagaimana mereka bisa bekerja lebih baik lagi. Supaya lanjutnya, bangunan-bangunan yang ada di Sulsel atau di Palopo, dapat menghasilkan bangunan yang indah dipandang mata. Pelatihan tersebut juga merupakan ajang promosi bagi perusahaan Semen Tonasa.

Kegiatan ini sudah dilaksanakan, sejak tahun 2006 dan ditahun 2013 ini terobosan pertama yang kita lakukan ini diikuti sebanyak kurang lebih 150 orang pekerja dan mandor. Kita berharap, melalui pelatihan ini, mereka bekerja lebih efisien dan efektif. Sehingga, bisa memberikan value nilai yang memuaskan bagi para pemilik bangunan dan proyek. Ini program utama kita, dalam hal bidang marketing yang kita namakan program edutain (Education and entertainment) buat para pekerja bangunan, ungkapnya.

Kepala Biro Penjualan Wilayah I, Andi Makkulau (Mewakili Direksi), mengatakan bahwa Semen Tonasa adalah milik Semen Indonesia yang notabene milik Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga apapun yang dilakukan para tukang dengan memakai tangan-tangan terampilnya untuk menyusun suatu bangunan yang indah dan kuat, maka dengan tidak sengaja para pekerja bangunan sudah menyumbangkan keuntungan untuk Semen Tonasa.

Kepala Biro yang baru menjabat ini menambahkan, bahwa diperlukan sinergi yang baik dengan para pengguna semen dikarenakan merekalah ujung tombak pemakaian Semen Tonasa, sehingga dengan adanya pelatihan ini akan terjadi hubungan saling mengerti dan saling berbagi antara tukang, pengguna semen dengan PT Semen Tonasa, urainya.

Sementara salah seorang Mandor bangunan, H. Jabbar yang mempunyai anggota sekitar 80 orang mengaku, pelatihan aplikasi produk bagi pengguna Semen Tonasa tersebut sangat bermanfaat. Sebab, menambah pengetahuan dan wawasan para pekerja mengenai komposisi campuran semen, sehingga memperoleh hasil yang memuaskan.

Pelatihan ini sangat baik, karna pengetahuan kita bertambah. Dan akan kita upayakan agar seluruh pekerja bangunan dan masyarakat di Kota Palopo ini, menggunakan Semen Tonasa untuk bangunannya. Terima kasih PT Semen Tonasa yang telah mau melaksanakan pelatihan seperti ini, PT Semen Tonasa Kokoh, Kuat dan Terpercaya, ungkapnya diikuti tepuk tangan yang meriah dari para peserta pelatihan.

Tampil sebagai pemateri dalam pelatihan tersebut, Kepala Divisi Mutu dan Lingkungan PT Semen Tonasa, Nilus P Thana, yang membawakan materi proses dan bahan baku pembuatan semen. Para peserta pelatihan juga dimanjakan dengan pengundian door prize. Diantaranya, sepeda, handphone, kulkas, televisi, kipas angin, dispenser, rice coocker dan lainnya. (saf)