PT Semen Tonasa kembali mengadakan Tonasa Science Championship (TSC) yang merupakan lomba adu kecerdasan tingkat SMP dan SMA, Rabu, 30 November 2016, di ruang Auditorium Kantor Pusat. Saat ini kegiatan yang merupakan program dari CSR Tonasa Bersaudara yaitu pada pilar Tonasa Cerdas sudah yang kesembilan kali diadakan dengan tema “Pacu Diri Raih Prestasi”.

TSC ini adalah kegiatan rutin tahunan PT Semen Tonasa yang merupakan salah satu rangkaian HUT PT Semen Tonasa.

Hadir dalam kegiatan, Direktur Produksi PT Semen Tonasa Ir. Joko Sulistiyanto, Sekretaris Perusahaan Muh. Arifin, SH, Kepala Departemen SCR dan Umum Ferry Djufry, SE, Kepala Dinas Pendidikan Drs. Muh. Ridwan, MPd, Staf Eselon PT Semen Tonasa, dan guru pendamping dari masing-masing sekolah.

Dalam laporannya Ketua Panitia Sudirman Sahrir, S.Si, memaparkan bahwa, TSC pada tahun ini adalah TSC yang paling banyak pesertanya, dimana pada tahun ini diikuti sebanyak 70 sekolah dengan total peserta sebanyak 1130 orang, diantaranya , SMP/MTS 120 terdiri dari 480 orang, dan SMA/MA/SMK 130 tim yang terdiri dari 650 orang.

Tambah Sudirman, “Berbeda dengan TSC tahun-tahun sebelumnya TSC 9 ini kami publikasikan ke media sosial, dan respon dunia pendidikan pun sangat besar, terbukti dengan banyaknya respon dari sekolah di kabupaten lainnya untuk diikutkan dalam event TSC ini. Selain itu TSC tahun ini untuk tingkat SMA diikuti 7 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan, diantaranya Makassar, Gowa, Maros, Pangkep, Barru, Pare-Pare dan Pinrang,” ujarnya.

Dalam sambutannya Direktur Produksi PT Semen Tonasa Ir. Joko Sulistiyanto yang membuka kegiatan ini mengucapkan selamat kepada seluruh siswa-siswa yang telah mengikuti TSC ke 9 ini, karena yang mengikuti lomba ini adalah perwakilan-perwakilan dari sekolahnya masing-masing.

Lanjut Joko, “Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PT Semen Tonasa terhadap dunia pendidikan, karena maju tidaknya suatu negara itu amat tergantung dari SDM nya, apalagi generasi muda kita,” ujarnya.

Ia berharap agar dengan kegiatan ini dapat memberi warna terhadap kelangsungan pendidikan utamanya di kabupaten Pangkep.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kab Pangkep, Drs. Muh. Ridwan, MPd mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada PT Semen Tonasa atas konsistensinya untuk terus melaksanakan kompetisi sampai dengan ke -9 saat ini. “Ini adalah merupakan kontribusi yang luar biasa dalam pengembangan dunia pendidikan,” urainya.

Tambahnya, “Sebagai generasi muda kita perlu untuk selalu mengasah kemampuan diri agar bisa terus berkompetisi, olehnya itu kesempatan untuk berkompetisi harus selalu diikuti oleh siswa-siswa. Karena itu kami berharap agar TSC ini selalu dilaksanakan dan dikembangkan terus menerus, karena semakin banyak siswa yang mengikuti kompetisi seperti ini maka akan memunculkan karakter pelajar untuk bersaing,”.

Ia juga berharap TSC kedepan bukan hanya di Kab. Pangkep dan di Provinsi Sulawesi Selatan, namun gaung TSC diharapkan dapat dikembangkan ke tingkat nasional, agar dapat mengundang siswa-siswa di seluruh Indonesia untuk bersaing.

Kegatan ini dihibur dengan sambutan cara adat Bugis-Makassar yaitu anggaru, tari-tarian, juga performa dari band SMA Tonasa I, dan juga dihibur dengan penampilan Stand Up Comedy. (Humas.st/Why)