PT Semen Tonasa melaksanakan kegiatan Pelepasan Karyawan dan Karyawati PT Semen Tonasa yang telah memasuki masa purna bhakti/pensiun terhitung mulai tahun 2024 dan 2025 di Lantai V Kantor Pusat PT Semen Tonasa. Sebanyak 55 orang karyawan dan karyawati dilepas oleh Direktur Utama, Kamis 18 Januari 2024.

Acara diawali dengan pembukaan oleh mc, pesan dan kesan dari karyawan yang memasuki masa purna bhakti, dilanjutkan Sambutan Direktur Utama PT Semen Tonasa serta sosialisasi oleh Yayasan Dana Pensiun Semen Tonasa terkait hak-hak para karyawan yang akan pensiun.

Plt. GM Human Capital Widya Rahim mengatakan bahwa departemen SDM sudah memiliki program-program kerja yang bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para karyawan dan karyawati yang akan memasuki masa purnabakti. Dimana pembekalan  ini nantinya akan bertujuan untuk memberikan informasi atau mungkin pembekalan-pembekalan pada karyawan/ti supaya bisa siap dalam menjalani masa purnabakti ini nanti.

Program-program ini sudah kami laksanakan setiap tahun, antara lain, program Pembekalan Purnabakti yang biasanya kami mengundang karyawan yang akan memasuki pensiun beberapa tahun ke depan bersama pasangan, di mana dalam program purnabakti itu kami akan memberikan materi-materi berkait dengan persiapan-persiapan untuk memasuki masa pensiun. Antara lain, pembekalan tentang psikologi, pembekalan tentang pengetahuan bagaimana menjaga kesehatan selama masa pensiun ini, ungkapnya.

Widya menambahkan program selanjutnya, sebagai mana yang diadakan hari ini, yaitu kita juga memiliki program kerja untuk melaksanakan sosialisasi kepada para karyawan yang akan memasuki masa pensiun ini, di mana dalam sosialisasi hari ini nanti kami akan menyampaikan kewajiban-kewajiban yang harus diselesaikan terlebih dahulu pada saat akan memasuki masa pensiun dan juga kami akan menyampaikan hak-hak benefit apa saja yang akan terima pada saat memasuki masa pensiun nanti.

Harapannya dengan program-program kerja tersebut, nantinya karyawan-karyawan akan bersiap dalam memasuki masa pensiun dan sudah bisa membuat perencanaan untuk memasuki masa pensiun, imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Semen Tonasa menyampaikan ucapan selamat dan sukses memasuki masa purna bhakti, semoga masa pensiun ini dapat dinikmati dengan penuh rasa kebahagiaan dan suka cita.

Masa pensiun bukan akhir dari proses aktivitas dan kreatifitas, pengabdian tidak berhenti hanya karena kita memasuki purna tugas. Setelah masa pensiun, semangat dan optimisme harus tetap menyala. Purna bhakti bukanlah akhir dari perjalanan tetapi awal dari babak baru yang penuh petualangan dan kebahagiaan, ungkapnya.

Asruddin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan terimakasih sebanyak-banyaknya atas pengabdian dan loyalitas yang telah diberikan selama ini dalam menjalankan tugas di PT Semen Tonasa.

Di penghujung acara dilanjutkan dengan penyematan jas kepada perwakilan karyawan/ti yang memasuki masa pensiun.