Angka pendapatan dari penjualan PT Semen Tonasa di quartal III periode Januari-September tahun 2014 ini mencapai Rp3,815 triliun atau meningkat 11,8 persen dibanding periode yang sama di tahun 2013 lalu. Direktur Utama PT Semen Tonasa, Andi Unggul Attas, mengatakan, sejauh ini kinerja perusahaan sampai awal kuartal ketiga atau sampai dengan bulan september 2014 menunjukkan peningkatan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Untuk produksi semen terealisir 4.348.920 ton atau meningkat 2,3 persen. Sementara volume penjualan sebanyak 4.816.250 ton atau naik 9,1 persen. Pendapataan dari penjualan Rp3,815 trilliun. “Angka itu meningkat 11,8 persen dan pencapaian EBITDA sebesar Rp1,155 trilliun atau naik 13,3 persen,” ujar Andi Unggul Attas, dalam konferensi pers jelang HUT PT Semen Tonasa ke-46, di Kantor Perwakilan Semen Tonasa di Makassar, Jumat (31/10).

Menurut Unggul, peningkatan tersebut sejalan dengan adanya tambahan Produksi dari Pabrik Tonasa Lima sebesar 2,5 Juta ton pertahun. Ia menambahkan, khusus untuk target penjualan Semen Tonasa sepanjang tahun 2014 ini yakni sebesar 6,7 ton atau tumbuh 7,1 persen dari tahun 2013. “Market share secara nasional ditargetkan sebesar 9,3 persen dan untuk Kawasan Timur Indonesia sebesar 40,03 persen,” urainya.

Sementara itu dari berbagai program CSR, Unggul mengatakan sampai saat ini Semen Tonasa telah menggelontorkan dana sebesar Rp19,2 miliar, dengan program unggulan seperti Tonasa Bersaudara, Tonasa Mandiri yakni program dalam bentuk pemberian dana usaha kemitraan kepada pelaku ekonomi mikro, Tonasa Cerdas merupakan pendanaan pada bidang pendidikan, Kemudian Tonasa Sehat yang memberikan bantuan pengobatan gratis kepada masyarakat sekitar Tonasa. Serta Tonasa Hijau yang merupakan program kepada kegiatan pelestarian lingkungan hidup.

Memasuki usianya yang ke- 46 PT Semen Tonasa pun telah memperoleh prestasi empat kali berturut-turut berupa menjadi Brand Master dari majalah lokal di Makassar, sebagai wajib pajak kategori khusus dalam acara pekan panutan penyampaian SPT Tahunan PPh 2013 dari Kementerian Keuangan RI Dirjen Pajak Kantor Wilayah DJP Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara, tahun 2014.

Raihan penghargaan Penyerap Tenaga Kerja terbanyak dari serikat pekerja Kabupaten Pangkep 2014. Termasuk meraih penghargaan Hijau level 5 dari Menteri Perindustrian, Prover Hiijau pengelolaan lingkungan hidup dari Kementerian Lingkungan Hidup. Meraih Gold Award kategori tertinggi dari ajang International Convention on QC Circle (ICQCC) di Colombo-Srilanka tahun 2014. (Humas ST/Syaf)