Ratusan pelajar ramaikan lomba science tingkat SD, SMP dan SMA se-kabupaten Pangkep, di Auditorium Kantor Pusat PT. Semen Tonasa, kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut diikuti total 896 pelajar.

Ketua Umum HUT. PT. Semen Tonasa ke 51, Akhdarisa mengatakan jika kegiatan tersebut merupakan upaya perusahaan dalam mempersiapkan generasi milenial melalui program Tonasa Cerdas.

“Kebutuhan teknologi saat ini semakin pesat, sehingga ini upaya Perusahaan untuk mempersiapkan para tenaga pendidik dan peserta didik untuk agar lebih siap menghadapi era 4.0,” singkat Akhdarisa saat membuka TCC 2019, selasa (29/10).

Terpisah ketua panitia TCC 2019, Luh Gede Januati menjelaskan jika ratusan peserta, datang dari sembilan kecamatan di Pangkep, dengan proses persaingan yang dijamin ketat untuk tembus hingga 10 besar.

“Jadi nanti setiap kecamatan akan kita ranking, dan yang masuk ke final itu 10 besar, jadi kemungkinan ada kecamatan yg tidak terwakili, kita liat saja nanti,” ujar Luh Gede Januati.

Dia menambahkan jika kwalitas lomba scince tersebut lebih baik lantran soal yang dihadirkan, dibuat oleh lembaga independent dan berpengalaman di bidang riset.

“Berharap program tonasa cerdas ini bisa tepat sasaran, dan kita tahu kelemahan dan kelebihan di sektor pendidikan, soal juga kita jamin karena dibuat oleh Sure Institute yang memang berpengalaman di bidang riset dan penyedia soal olimpiade,” tambahnya.

Untuk sekolah dasar tercatat 115 sekolah ambil bagian dengan jumlah peserta mencapai 377 siswa, sementara untuk tingkat SMP tercatat 300 peserta yang akan berlomba di tiga bidnag studi yakni matematika, fisika dan Biologi.

Selain itu untuk tingkat SMA tercatat 19 sekolah ikut ambil bagian, dengan total 219 peserta yang berlomba di 4 mata peajaran yakni Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Untuk hadiah sendiri panitia TCC 2019 menyiapkan piagam dan piala untuk pemenang termasuk uang pembinaan, dengan total hadiah Rp.55 juta rupiah. (Humas.st/Saf)