Blog
Raih Award Master Brand Dan Markeeter Of The Year 2015
Setelah melalui survey dengan berbagai penilaian baik Brand Image, Brand Awareness maupun Customer Satisfction dan Customer Loyality, maka pada 12 Maret 2015 bertempat di Hotel Aston Makassar, Semen Tonasa meraih Master Brand Award. Penyerahan Master Brand Award diterima oleh Matla Ilfajar sebagai GM of Sales mewakili Direktur Komersial yang menurutnya semua pencapaian ini berkat arahan dan dukungan dari Direksi.
Penyelenggaraan Master Brand Award oleh Makassar Research Marketing bekerjasama dengan Makassar terkini.
Demikian pula pada bulan Juni – Juli 2015, MarkPlus, Inc telah menyelenggarakan acara di 17 kota utama Indonesia dengan tajuk Indonesia Marketters Festival 2015 (IMF 2015). Acara ini diikuti baik dikalangan perusahaan swasta, BUMN, maupun BUMD. Adapun di kota Makassar berlangsung sejak tanggal 8 sampai 9 Juni 2015 bertempat di Grand Clarion Hotel Makassar.
Dalam acara ini, Hermawan Kartajaya, CEO & Founder dari MarkPlus, Inc. bekerja sama dengan majalah Marketeers, memberikan apresiasi tertinggi di bidang pemasaran berupa penganugerahan Marketeers of The Year Makassar 2015. Kepada para marketter yang dipandang telah menunjukkan “marketing spirit” dan berhasil membawa dampak positif terhadap perusahaan.
Melalui proses pemilihan oleh Panel Juri yang terdiri dari Tim Manajemen puncak MarkPlus, Inc dan juga Tokoh Masyarakat serta Media, maka Marketeers of The Year Makassar 2015 untuk sector Recources & Mining dianugerahkan kepada Matla Ilfajar dari PT Semen Tonasa yang juga adalah General Manager of Sales PT. Semen Tonasa.
Apa yang menjadi stressing point terpilihnya Semen Tonasa. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa selama kuartal I 2015 terjadi perlambatan ekonomi, termasuk kinerja sector manufaktur, dibanding Tahun 2014 sesuai data Asosiasi Semen Indonesia (ASI) secara nasional industry semen mengalami pertumbuhan minus 2,7 % namun kinerja penjualan Semen Tonasa bertumbuh 1,2 % dan Market Share bertumbuh 0,4 %, sedang di Kawasan Timur Indonesia sebagai pasar potensil Semen Tonasa Market Share bertumbuh 1,3 %.
Perlambatan ekonomi nasional masih berlanjut sampai dengan Semester I 2015 secara nasional mengalami pertumbuhan minus 4,3 %, sedang Market Share Semen Tonasa bertumbuh 0,2 %, dan di Kawasan Timur Indonesia pertumbuhan demand turun 3,3 % sedang Market Share Semen Tonasa bertumbuh 0,2 %. Namun demikian terdapat beberapa propinsi yang mengalami penurunan Market Share disebabkan kedatangan kapal yang tidak sesuai skedul, kata Matla Ilfajar yang sebelumnya menjabat sebagai GM of ASF Proyek Pembangunan Tonasa V.
Apa strategi dan kiat-kiat sehingga mengalami pertumbuhan ditengah kondisi ekonomi yang melambat. Kami memasuki Tahun 2015 sesuai slogan MarkPlus, Inc bahwa WOW Marketing 2015 = Creativity + Productivity. Dilandasi itu kami membenahi beberapa unsur Marketing Mix. Dari segi Product, hasil produksi PT Semen Tonasa tentu sudah tidak diragukan lagi, namun memperhatikan kondisi persainagan pasar maka perlu lakukan reorientasi dari Customer Oriented menjadi Value Propotition Oriented, dari segi Price, kondisi low season membuat beberapa produsen semen melakukan price war namun Semen Tonasa tetap pada Blue Ocean Strategy, kami melakukan rekalkulasi cost dengan metode Direct Costing sehingga diperoleh allowace untuk meningkatkan promosi dengan imbal balik penambahan volume, dari segi Place, kami menata distribusi mendekati pasar dengan bekerja sama Distributor untuk membuka gudang-gudang pada lokasi strategis sebagai point of sales, sedang dari segi Promotion dilakukan sedikit pergeseran dari Closer to the Customer ke Intimacy with Customer melalui pembentukan komunitas-komunitas baik komunitas Tukang, komunitas Pengembang, Komunitas Pengusaha Prefab sampai kepada Small Shift Community. Selain itu Marketing Mix yang kita kenal dengan 4-P kami modifikasi menjadi 5-P dengan menambah unsur Pray dimana setiap usaha harus dibarengi dengan do”a agar mendapat berkah, kunci Matla yang juga penggiat Marketing Syariah.