Sebagai wujud kepedulian khususnya kepada masyarakat sekitar, Rabu (26/12/18) PT Semen Tonasa menyerahkan bantuan kepada korban bencana angin puting beliung di Desa Tamarupa dan Desa Boddie, Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkep. Penyerahan yang berlangsung ditempat kejadian diserahkan oleh Kepala Seksi Bina Lingkungan PT Semen Tonasa Abd. Kadir F, mewakili direksi PT Semen Tonasa.

Sumbangan yang disalurkan PT Semen Tonasa kali ini, berupa atap seng ukuran 10 kaki sebanyak 557 lembar dan paket sembako sebanyak 31 paket kepada 13 Kepala Keluarga di Desa Tamarupa dan 18 Kepala Keluarga di Desa Boddie yang terkena musibah angin puting beliung yang melanda kedua desa baru-baru ini.

Kegiatan penyerahan bantuan dihadiri oleh Manajemen Semen Tonasa diwakili oleh Kasi Bina Lingkungan beserta staf, Kapolsek Mandalle IPTU Hasanuddin, Sekretaris Camat Mandalle Mas’hud, S.Sos, Kasi Pemerintahan A. Rivai, S.Sos, Staf Kecamatan Mandalle, Staf Desa Boddie, Staf Desa Tamarupa dan para korban bencana alam puting beliung bertempat di Aula Kantor Camat Mandalle Kabupaten Pangkep.

Manajemen PT Semen Tonasa (Tonasa Peduli), turut prihatin atas bencana yang menimpa para warga yang ada di Desa Tamarupa dan Desa Boddie ini. “Bantuan yang disalurkan kepada korban bencana merupakan wujud tanggap darurat bencana yang diperlihatkan perusahaan. Ia menambahkan meski bantuan ini tidak seberapa dibanding penderitaan yang dialami korban, namun dapat meringankan beban warga, urainya.

Bantuan sosial seperti ini merupakan salah satu tanggung jawab yang diemban oleh PT Semen Tonasa. Dan ini bukan hanya kepada korban bencana angin puting beliung, tetapi juga korban bencana alam lainnya. “Kita sudah menyiapkan dana bantuan sosial untuk disalurkan setiap saat bila ada yang membutuhkan, khususnya masyarakat yang berada disekitar pabrik, jelasnya, seraya menambahkan bahwa selain misi kemanusiaan, bantuan ini juga sebagai wujud kepedulian PT Semen Tonasa yang tetap berkomitmen untuk mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Pangkep.

Sementara itu, Sekretaris Camat Mandalle Mas’hud, S.Sos mengatakan, bahwa PT Semen Tonasa sejak dari dulu sudah peduli terhadap keberadaan masyarakat yang ada disekitar pabrik, bukti konkrit adalah dengan telah banyaknya bantuan yang diberikan kepada masyarakat setempat. Bantuan tersebut juga merupakan perwujudan sikap untuk meringankan beban para warga desa khususnya yang tertimpa bencana.

Hal ini diiyakan, Muh. Hasbi Mubarak, salah satu penerima bantuan yang rumahnya terkena bencana anging puting beliung. Menurutnya, sudah seringkali masyarakat mendapatkan bantuan. Setiap saat PT Semen Tonasa memberikan sumbangan terhadap desa yang berada disekitarnya. ”Sudah banyak yang kami rasakan sejak keberadaan PT Semen Tonasa di daerah ini, ” tandasnya.

Kejadian bencana angin puting beliung itu sendiri terjadi pada hari Rabu tanggal 19 Desember 2018, sekitar jam 06.45 pagi. (Humas.st/Irw)