Bulan Ramadhan dinamakan sayyidus syuhur (penghulu bulan-bulan) dikarenakan Ramadhan memiliki berbagai keutamaan tersendiri yang tidak dimiliki oleh bulan lainnya. Dalam momentum Ramadhan tahun ini, Persatuan Syiar Islam Tonasa (PSIT) Tonasa II dan Yayasan Dakwah dan Pendidikan Islam PT Semen Tonasa merasa terpanggil untuk ikut memeriahkan ramadhan dengan berbagai kegiatan positif yang melibatkan seluruh khalayak di Kab. Pangkep.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk mengisi waktu dan penggalian kreativitas semua lapisan masyarakat semata, namun juga sebagai sarana syiar islam, memakmurkan masjid dan tentunya membuat ramadhan menjadi lebih meriah, penuh arti dan penuh berkah.

Pelaksanaan kegiatan yang pembukaannya ditempatkan di Auditorium Kantor Pusat PT. Semen Tonasa dan dimulai tanggal 16-24 Juni 2016 ini mengangkat tema “Siapkan Generasi Berprestasi Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik”. Diikuti oleh sebanyak 1000 orang peserta dari tingkat TPA, TKA, TQA, Remaja Masjid dan Majelis ta’lim se Kabupaten Pangkep. MTQ yang dilaksanakan ini sebagai bentuk kepedulian dalam pembinaan keagamaan sekaligus dalam upaya meningkatkan pemahaman terhadap Al-qur’an dan syiar islam.

Sebanyak 36 kategori lomba yang dipertandingkan, yakni Asmaul Husna Tingkat Majelis Taklim, Cerdas Cermat Qur’an (CCQ) semua tingkatan, Kaligrafi, Menggambar, Mewarnai, Peragaan Shalat dan Busana Tingkat TPA/TKA, Musbaqah Tilawatul Qur’an (MTQ) semua tingkatan, Musabaqah Hifzul Qur’an (MHQ) semua tingkatan, Musabaqah Tartil Qur’an (MtaQ) semua tingkatan, Qasidah Tingkat Remaja Masjid & Majelis Ta’lim, Pidato Bahasa Indonesia Semua Tingkatan, Lomba Adzan dan Iqamah, dengan memperebutkan total hadiah sebesar 110 juta rupiah berserta trophy dan piala bergilir.

Direktur Komersial PT. Semen Tonasa, Tri Abdisatrijo saat membuka kegiatan, mengatakan bahwa ditengah degradasi moral dikalangan muda saat ini, datangnya bulan ramadhan adalah moment yang tepat bagi ummat islam dan kaum muda pada khususnya untuk kembali ke titik nol, membersihkan hati, menggapai rahmat ilahi dan mengisi ramadhan dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, berpahala dan tentunya kreatif.

Manajemen PT Semen Tonasa tidak hanya peduli dalam pembangunan fisik semata, namun pembangunan mental sangatlah penting melalui lomba syiar islam semacam ini. Kegiatan ini juga menjadi agenda tahunan untuk membangun nilai-nilai spiritual dan keagamaan khususnya di Kab. Pangkep. Dengan pelaksanaan kegiatan Musabaqah Syiar Islam Tonasa ini akan terjalin hubungan silaturrahmi yang baik diantara sesama umat islam dan juga menciptakan generasi yang islami yang memahami agama secara sempurna serta nilai-nilai yang terkandung dalam Al Qur’an dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,harapnya.

Perwakilan Kementrian Agama Kab. Pangkep sangat mengapresiasi kepedulian PT Semen Tonasa yang terus berupaya melakukan pembinaan dibidang keagamaan yang akan berdampak pada pembangunan rohani sehingga akan menjadi inspirasi bagi masyarakat setempat. (Humas.st/Saf)