PT. Semen Tonasa pada tahun 2015 ini menargetkan Rp 11,9 miliar untuk bantuan bergulir kepada ratusan Usaha Kecil Menengah (UKM), mulai dari ring satu terdiri dari 9 desa/kelurahan disekitar area pabrik, ring dua yang meliputi seluruh kecamatan di Pangkep dan ring tiga yang merupakan area diluar kabupaten Pangkep di Sulsel.

Pada tahap awal, manajemen PT. Semen Tonasa menyerahkan Rp 1,5 miliar lebih kepada 166 UKMK, diserahkan secara simbolis oleh Direktur Utama PT.Semen Tonasa, Andi Unggul Attas bersama Kepala Departemen Corporate Social Responsibility (CSR) dan umum, H. Ferry Jufri didampingi Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, Dewa Bochari di Aula lantai enam kantor pusat PT Semen Tonasa Kecamatan Bungoro Pangkep, Selasa (17/2) kemarin.

Direktur Utama PT. Semen Tonasa mengatakan bahwa dana yang diberikan tersebut merupakan dana pinjaman dengan bunga 6 persen per tahun. Dimana hal itu merupakan bentuk kepedulian dan wujud tanggung jawab sosial perusahaan terhadap pengembangan usaha kecil di Sulawesi Selatan. “Ini adalah tahap pertama, sebanyak 166 UKM kami berikan bantuan senilai Rp1,5 milar lebih. Terdiri dari, Ring satu sebanyak 42 unit UKM dengan nilai pinjaman sebesar lima ratus juta, ring dua sebanyak 72 UKM pinjamannya senilai satu miliar rupiah dan untuk wilayah ring tiga ada dua UKM dengan pinjaman sebesar Rp 55 juta,” terangnya.

Untuk sektor UKM yang diberikan lanjutnya, PT Semen Tonasa  membantu jenis UKM dari sektor perdagangan 80 UKM, Industri 5 UKM, Perikanan 9 UKM, Jasa 16 UKM, Peternakan 3 UKM, Pertambangan 2 UKM dan satu unit koperasi. Dimana pada tahun lalu, ada 961 unit UKM dan koperasi disetiap ring sudah diberikan dengan total nilai pinjaman mencapai Rp14,5 miliar. “Ini adalah kegiatan rutin yang kami laksanakan setiap tahunnya sebagai implementasi Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) nomor 8 tahun 2013 tentang CSR serta untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya yang bergerak dibidang usaha,” paparnya.

Senada dengan Dirut, Kadep. CSR & Umum, Ferry Djufry menguraikan tak hanya penyaluran bantuan modal, pihaknya juga meluncurkan kartu Mitra Card untuk diberikan kepada semua peneriman bantuan agar dalam proses pembayaran angsurannya lebih mudah dengan menggunakan sistem perbankan terbaru yakni Virtual Account. “Mitra card ini untuk memudahkan para penerima bantuan dalam melakukan proses pembayaran angsuran di bank, mereka cukup membawa kartunya di bank yang sudah ditunjuk, nantinya akan cepat diproses,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian Pangkep, Dewa Bochari pada kesempatan yang sama mengharapkan kepada para penerima bantuan untuk dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya. “Kami harapkan agar bantuan ini dimanfaatkan sesuai peruntukannya, agar nantinya uang pengembaliannya bisa dialihkan ke UKM lain dan tentunya bisa lebih besar lagi bantuan yang akan didapatkan,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang peneriman bantuan, Irwansyah (47) Kelurahan Samalewa Kecamatan Bungoro Pangkep, mengucapkan terima kasih kepada PT. Semen Tonasa atas adanya bantuan modal usaha yang diakuinya sangat membantu para wirausahawan yang membutuhkan modal dalam pengembangan usahanya.

“Saya mendapatkan bantuan modal dua puluh juta rupiah untuk tahun ini, awalnya hanya sepuluh juta rupiah. Sekarang dengan bantuan itu, usaha saya sudah lebih maju dan berkembang dengan omset perbulan mencapai jutaan rupiah,” terangnya.

Humas ST / Safri