Kamis, 7 April 2016, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar melakukan kunjungan lapangan ke PT Semen Tonasa guna mengetahui bagaimana kinerja dari perusaahaan insdutri semen terkemuka di Indonesia Timur ini. Mahasiswa yang berjumlah 73 orang ini melihat langsung proses daripada produksi semen itu sendiri, dengan berkeliling ke Plant Site Tonasa Unit 2/3, 4 dan 5, didampingi oleh staf PT Semen Tonasa.

Setelah peninjauan lapangan, peserta kunjungan yang merupakan mahasiswa jurusan manajemen diketuai oleh dosen pembimbingnya, Agusdiwana Suarni, SE, M.Acc, diterima langsung di ruang rapat lantai 6 Kantor Pusat oleh Dr. Andi Mulyadi R, SE, MM mewakili manajemen, didampingi beberapa Staf PT Semen Tonasa lainnya untuk melakukan diskusi.

Ketua rombongan Agusdiwana Suarni yang juga adalah dosen mata kuliah metodologi penelitian di Universitas Muhammadiyah Makassar ini mengatakan, “Kunjungan ke PT Semen Tonasa ini selain sebagai program mata kuliah manajemen untuk mengetahui bagaimana kinerja produksi semen, keuangan, distribusi dan pemasaran PT Semen Tonasa, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi media silaturrahim antara Unismuh dengan PT Semen Tonasa,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Piutang Dr. Andi Mulyadi R, SE, MM, saat membuka diskusi berharap agar apa yang didapat oleh para mahasiswa pada kunjungan lapangan ini dapat memberikan manfaat yang sebaik-baiknya. Pada kesempatan ini juga dipaparkan olehnya profil perusahaan, sebagai bahan refrensi agar mahasiswa dapat lebih mengenal, tentang bagaimana sejarah, manajemen, fasilitas serta kinerja perusahaan berplat merah ini.

Diskusi pun berlangsung seru karena mahasiswa antusias dalam mengajukan pertanyaan yang telah mereka siapkan untuk para narasumber yang terdiri dari staf beberapa unit kerja, diantaranya Kepala Seksi CSR Abdul Azis, Kepala Seksi Aplikasi Semen dan Teknis Rabenka Palesa, ST., Staf Anggaran Rustamin Rustam, Amd., dan Kepala Seksi Pelayanan Pelanggan Junaidi, SE. dengan mudah menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta.

Lain halnya dengan salah satu peserta kunjungan Emilda mahasiswa semester VI di Universitas beralmamater biru ini mengatakan bahwa, Setelah berkunjung ke PT Semen Tonasa, banyak informasi yang didapatnya, diantara adalah tentang bagaimana proses produksi dari perusahaan industri, marketing juga sistem manajemennya, yang diharapkannya dapat mejadi bahan refrensi dalam mengikuti pendidikannya. (Humas.st/Why)