Program Siswa Mengenal Nusantara kembali hadir menyapa pelajar Indonesia di tahun 2016, program ini merupakan rangkaian kegiatan yang dicanangkan oleh Kementerian BUMN di 34 Provinsi sebagai perwujudan nyata, Gerakan Nasional Kerja Nyata 71 Tahun Indonesia Merdeka”. Komitmen ini diwujudkan dengan pertukaran 20 pelajar dari setiap provinsi untuk berkunjung ke provinsi lain guna mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam Provinsi lain.

Secara serentak pada tanggal 4 Agustus 2016 140 BUMN di seluruh Indonesia melepas keberangkatan peserta Siswa Mengenal Nusantara 2016 ke berbagai daerah di Indonesia.

Program Siswa Mengenal Nusantara Sulawesi Selatan difasilitasi oleh 4 BUMN yaitu PT. Semen Tonasa, Perum Bulog, PT Perkebunan Nusantara XIV, Kawasan Industri Makassar (KIMA). Acara pelepasan dan penyambutan dilaksanakan di Gedung Perum Bulog Makassar, Kamis (4/8/2016), dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu`mang didampingi oleh masing-masing Dirut PIC para BUMN yang bersinergi.

Direktur SDM Perum Bulog Wahyu Suparyono mengatakan, seluruh siswa yang mengikuti program SMN tersebut diharapkan mengenal budaya di luar Sulsel, dimana dari 20 siswa dari berbagai daerah yang telah melakukan rangkaian seleksi dengan ketat, dijadwalkan mengunjungi beberapa titik di Bengkulu selama seminggu untuk lebih mengenal budaya, pertukaran informasi hingga mendapatkan pengalaman didaerah tersebut.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang mengatakan, wawasan nusantara pelajar diharapkan bisa lebih berkembang melalui program pertukaran pelajar yang digelar oleh 4 BUMN tersebut. Dia berharap agar seluruh pelajar bisa pula menjadi duta wisata dengan mengenalkan destinasi Sulsel kepada masyarakat Bengkulu yang ditemui sepanjang kunjungan mereka ke daerah tersebut. Ini kesempatan baik untuk membangun komunikasi, mendapatkan sahabat baru diprovinsi lain. Tentunya para pelajar bisa menjaga nama baik Sulsel selama di Bengkulu, urainya. (Humas.st/Saf)