Guna meningkatkan ilmu pengetahuan di bidang Teknik Sipil, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pare-Pare (UMPAR) Jurusan Teknik Sipil melakukan kunjungan ke PT Semen Tonasa pada hari Kamis, 22 Januari 2015. Kegiatan kunjungan mahasiswa tersebut dihadiri sekitar 50 lebih yang didampingi oleh dosen pembimbing Bapak Hendro Widarto, ST., MT. yang juga merupakan dosen Sipil Transportasi. Dalam sambutannya pak Hendro mengatakan “Terima kasih yang sebesar-besarnya pada manajemen PT. Semen Tonasa yang berkenan menerima kunjungan kami yang kesekian kalinya, kami sengaja memilih PT Semen Tonasa karena disini kami selalu mendapatkan apa yang kita harapkan dalam hal menambah ilmu pengetahuan di bidang teknik sipil maupun ilmu tentang semen itu sendiri”, ujarnya.

Dalam kesempatan ini Mahasiswa jurusan Teknik Sipil UMPAR melihat langsung proses pembuatan semen di Central Control Room (CCR) Tonasa V. Dengan antusias para mahasiswa menyimak karyawan yang terlibat langsung dalam proses pembuatan semen tersebut. Setelah melakukan pemantauan di CCR Tonasa V, mereka kemudian melanjutkan kunjungan ke Kantor Pusat PT Semen Tonasa di lantai 6 lalu melakukan diskusi dan selanjutnya melihat pembangunan proyek di Biringkassi.

Menurut Yanas, mahasiswa semester VII jurusan Teknik Sipil yang juga ketua himpunan Teknik Sipil, menyatakan amat senang dan bangga bisa berkunjung ke Semen Tonasa, selain menambah ilmu juga menjadi refrensi buatnya apalagi sempat berkunjung ke Pelabuhan Biringkassi dan melihat langsung proses pembangunan disana, dan para mahasiswa lainnya mengaku dan berterima kasih tentang penjelasan dari nara sumber.