Anggota Pansus Pendapatan DPRD TK. II Kab. Pangkep yang beranggotakan 8 (delapan) orang melakukan kunjungan kerja ke PT. Semen Tonasa, Rabu (21/01/2015). Kedatangan rombongan yang dipimpin oleh Ketua Pansus Pendapatan DPRD Pangkep Ir. H. Andi Amin disambut langsung oleh Direktur Komersial, Tri Abdi Satrijo, Direktur Keuangan, Subhan, SE, Kadep. Sekper, H.M. Arifin, SH serta jajaran Eselon 1 dilingkungan PT. Semen Tonasa. Pertemuan ini dilaksanakan di Ruang Rapat R-1 Lantai 3 Kantor Pusat PT. Semen Tonasa.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Komersial PT. Semen Tonasa menjelaskan        bahwa saat ini PT. Semen Tonasa mempunyai 5 unit pabrik yaitu Tonasa II dengan kapasita 590.000 ton/tahun, tonasa III juga sekitar 590.000 ton/tahun, Tonasa IV dengan kapasitas 2.3 juta ton/tahun dan Tonasa V dengan kapasitas 2,5 juta ton/tahun sehingga total kapasitas terpasang sekarang 5,9 juta ton/tahun. Sedangkan Tonasa I atau pabrik yang paling lama kapasitasnya sekitar 120.000 ton/tahun sudah ditutup atau tidak dioperasikan lagi sejak tahun 1984. Ini karena kendala-kendala operasional pertama, adalah efesiensi pabrik karena masih menggunakan teknologi yang lama dengan proses basah yang menggunakan komsumsi energi yang cukup besar, makanya pabrik itu tidak efektif dioperasikan.

Ditambahkannya dari kapasitas 5,9 juta ton itu, PT Semen Tonasa memasarkannya ke daerah-daerah terutama Sulawesi, setelah itu di kawasan Timur yaitu Ambon, Papua, Bali, NTB dan NTT disamping itu juga Kalimantan. Dalam memasarkan semen di Sulawesi ada yang lewat laut dan lewat darat dan menggunakan unit-unit pengantongan di beberapa daerah yaitu, Makassar, Bitung, Bali, Banjarmasin, Samarinda, Ambon, Palu, dan Mamuju. Disamping itu juga memiliki Pelabuhan khususnya yang ada di Biringkassi tandasnya.

Senada dengan Direktur Komersial, Subhan, SE selaku Direktur Keuangan PT. Semen Tonasa menjelaskan bahwa PT Semen Tonasa juga melakukan program Community Development artinya Semen Tonasa peduli terhadap lingkungan sekitar dan mempunyai unit khusus yang membidani masalah ini. Program Bina Lingkungan dijalankan bersama-sama oleh Dep. CSR dan Umum bekerjasama dengan Yayasan Da”wah dan Pendidikan Islam (YDPI), Yayasan Kesejahteraan Semen Tonasa (YKST) dan KIKST dimana programnya menyangkut masalah sumbangan sarana ibadah, sumbangan bencana alam juga pendidikan dan pelatihan, pengembangan prasarana dan sarana, peningkatan kesehatan dan sosial olahraga. Bukti konkrit yang telah diperlihatkan perusahaan, yakni membantu korban bencana alam yang menimpa masyarakat sekitar pabrik serta berbagai kejadian bencana alam yang menimpa masyarakat diseluruh indonesia, urainya.

PT Semen Tonasa juga melakukan pendidikan pelatihan kepada anak-anak karyawan dan masyarakat sekitar, menerima mahasiswa dan siswa kejuruan untuk praktek lapangan kerja, memberikan beasiswa pada siswa dan mahasiswa serta pelatihan keterampilan yang spesifik seperti: pengupasan jambu mente, pembuatan garam, magang pilot proyek sutra dan sebagainya. Dalam bidan kesehatan juga tak mau ketinggalan dengan melakukan pengobatan massal, sunatan massal dan juga pelayanan rumah sakit untuk masyarakat sekitar, pemanfaatan lahan untuk persawahan dan juga beberapa kegiatan-kegiatan lain yang pada hakikatnya adalah bagaimana PT. Semen Tonasa bisa menyatu dengan masyarakat sekitar dalam rangka pengembangan wilayah dan pengembangan SDM yang ada disekitar perusahaan, tandasnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Pansus DPRD Pangkep memberi apresiasi atas sambutan dari Management PT. Semen Tonasa. Tujuan dari kedatangan ini untuk mengetahui sejauh mana realisasi APBD PT. Semen Tonasa kepada Pemerintah Kab. Pangkep. “Apa yang bisa kami bantu kedepan akan kami perjuangkan. Tentu kami ingin maksimal dalam perjuangkan itu, urainya. (Humas ST/Safri)